Penjelasan Istana soal Jokowi Ingin Cawe-cawe Pemilu 2024

Presiden Jokowi di acara Puncak Musra Indonesia
Sumber :
  • Viva

Jatim – Secara tegas, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyatakan bahwa dirinya merasa perlu cawe-cawe alias ikut campur ke dalam urusan kontestasi politik di 2024 mendatang. Pernyataan itu disampaikan saat bertemu dengan para pemimpin redaksi media di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 29 Mei 2023. 

Puluhan Pejabat Pemkab Kediri Dimutasi, Ini Harapan Mas Dhito

Buntut pernyataan itu, pihak Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bet Machmudin angkat bicara. Ia memberi penjelasan bahwa cawe-cawe yang dimaksud Presiden Jokowi ialah ingin memastikan penyelenggaraan pemilu berjalan secara demokratis, jujur dan adil. 

"Terkait penjelasan tentang cawe-cawe untuk negara dalam Pemilu, konteksnya adalah Presiden ingin memastikan Pemilu serentak 2024 dapat berlangsung secara demokratis, jujur dan adil," kata Bey, dalam keterangannya yang dikutip dari VIVA, Selasa, 30 Mei 2023.

Kemenangan Prabowo di Pilpres 2024 Mampu Pecahkan Rekor Dunia

Menurut Bey, Presiden ingin memastikan bahwa Pemilu 2024 nanti dapat berjalan dengan lancar dan jangan sampai menimbulkan konflik pasca penyelenggaraan pemilu. Pleh sebab itu, sebagai Kepala Negara, Presiden ingin memastikan negara dalam kondisi kondusif pada saat pelaksanaan pemilu maupun setelahnya.

"Presiden berkepentingan terselenggaranya pemilu dengan baik dan aman, tanpa meninggalkan polarisasi atau konflik sosial di masyarakat," ujar Bey

Golkar Bernasib Baik di Pemilu 2024: Menang Pilpres dan Suara Partainya Tinggi

Dia juga mengatakan, bahwa Presiden Jokowi ingin sosok pemimpin Indonesia berikutnya dapat mengawal seluruh program dan kebijakan yang telah dibuat pada masa kepemimpinannya. Salah satunya yaitu terkait pembangunan Ibu Kota Musantara atau IKN.

"Presiden ingin pemimpin nasional ke depan dapat mengawal dan melanjutkan kebijakan-kebijakan strategis seperti pembangunan IKN, hilirisasi, transisi energi bersih, dan lain-lain," ujar Bey

Halaman Selanjutnya
img_title