Libatkan Alumni dan Masyarakat, Kiai Muda Jatim Gelar Pelatihan Menjahit di Pesantren Bojonegoro

Pelatihan menjahit yang dilaksanakan oleh Kiai Muda Jawa Timur
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim –Ratusan santri dan alumni mengikuti kegiatan Pelatihan menjahit yang dilaksanakan oleh Kiai Muda Jawa Timur di Pondok Pesantren Al Mansyur di Desa Sambeng, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada Selasa, 30 Mei 2023.  

Pom Mini di Bojonegoro Ludes Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Peserta tidak hanya terdiri dari santri dan alumni, tetapi juga ada keterlibatan masyarakat sekitar yang didominasi ibu-ibu juga turut hadir memeriahkan acara. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang unggul. 

Sebelum pelatihan dimulai, mereka terlebih dahulu melakukan zikir dan doa bersama agar hajat Ganjar Pranowo sukses pada tahun depan. Di awali dengan pemberian materi mengenai pembuatan pola dan potong kain, pelatihan itu dipandu oleh seorang manajemen konveksi bernama Nadirin. 

Sekolah hingga Jembatan di Bojonegoro Rusak akibat Diterjang Banjir Bandang

"Kiai Muda Jawa Timur hari ini menggelar pelatihan dan juga edukasi pendidikan tentang konveksi menjahit, obras, menaruh kancing baju, setrika usaha laundry, dan lain sebagainya," ujar Koordinator Wilayah Kiai Muda Jatim, KH Ali Baidlowi

Setelahnya, barulah para peserta diajarkan langsung praktik cara menjahit pakaian berupa baju. Tak sampai di situ, mereka pun belajar bagaimana cara menggunakan setrika uap yang biasa digunakan untuk usaha laundry. 

Dua Penganiaya Santri Ponpes Kediri hingga Tewas Divonis 6,5 Tahun Penjara

"Tujuan kami yang pertama tetap dukung untuk Pak Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI 2024. Yang kedua kami berusaha mewujudkan cita-cita bangsa ini untuk mewujudkan sebuah SDM yang unggul," kata KH Ali Baidlowi. 

Menurut dia, usaha konveksi merupakan salah satu bisnis yang berkembang pesat di masyarakat saat ini. Selain itu, bisnis tersebut juga sangat menjanjikan di era modern seperti sekarang yang sangat mengutamakan fashion. 

Halaman Selanjutnya
img_title