Mengenal Papiledema, Penyakit yang Diderita Mantan Kiper Timnas Indonesia

Kurnia Mega, Mantan Kiper Timnas Indonesia menderita papiledema
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Mantan Kiper Timnas Indonesia dan Arema FC, Kurnia Meiga harus pensiun lebih awal dari dunia sepakbola lantaran menderita penyakit Papiledema. Bahkan, lantaran mengalami permasalah dalam urusan ekonomi, Kurnia Meiga terpaksa harus menjual atribut sepakbolanya di media sosial. 

Hasil Uji Coba: Witan Cetak Gol, Timnas Indonesia U-23 Bekuk Uni Emirat Arab

Gangguan penghilatan dan masalah ekonomi yang dialami Kurnia ini pun menjadi atensi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Erick berjanji akan menanggung segala pengobatan serta kebutuhan mantan kiper berusia 33 tahun itu. 

Namun, yang tak kalah penting diketahui adalah soal penyakit yang diderita Kurnia Meiga. Untuk itu, mari kita mengenal lebih detail penyakit Papiledema. 

Hari Ini Timnas Indonesia bakal Hadapi UEA, Rencana STY pun Matang

Dialnsir dari VIVA, Kamis, 1 Juni 2023, Papiledema adalah kondisi medis yang terjadi ketika tekanan intrakranial (tekanan di dalam tengkorak) meningkat, yang mengakibatkan pembengkakan pada diskus optik. Penyakit tersebut juga bisa dikenal sebagai Papila.

Papiledema sering kali tidak menimbulkan gejala awal yang nyata, tetapi beberapa orang dapat mengalami sakit kepala, gangguan penglihatan, penglihatan ganda, atau kehilangan penglihatan perifer.

FIFA Soroti Prestasi Gemilang Timnas Indonesia, Duduki Peringkat 134 Dunia

Pada pemeriksaan oftalmologi, dokter akan melihat adanya pembengkakan pada diskus optik yang dapat terlihat sebagai perubahan pada papila mata.

Penyakit Papiledema harus ditangani dengan serius karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada saraf optik dan kehilangan penglihatan. Maka dari itu, penting untuk segera melakukan perawatan medis. 

Halaman Selanjutnya
img_title