Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Boro Tulungagung

Suasana lokasi rumah terduga teroris di Tulungagung.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap terduga teroris di Dusun Tebokan, Desa Boro, Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Ia adalah ES (41) ditangkap selepas menjalankan ibadah tak jauh dari rumahnya.

Forkopimda Tulungagung Patroli Gunakan Motor Listrik dan Bagi Takjil

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan bahwa Densus 88 juga mengangkat terduga teroris lainnya di Bima NTT dan Banyuwangi. Kemudian ES ditangkap pada Minggu, 4 Juni 2023 pukul 12.05 WIB.

"ES Alias L berangkat ke Yaman pada 14 Desember 2014 bersama 4 rekan lainnya, yakni AAK, HS, MT, dan MAA yang difasilitasi oleh ABU (menurut keterangan MT) terkait hal tersebut saat ini masih terus dilakukan pengembangan," ungkap Brigjen Ahmad Ramadhan dikutip Viva Jatim, Senin, 5 Juni 2023.

Pemkab Tulungagung Akan Buka Lowongan untuk 596 Formasi ASN Tahun 2024

Pewarta mencoba menelusuri sosok ES yang diamankan oleh Densus 88 di sekitar kediamannya. Beberapa warga cenderung merasa menutup diri tentang keberadaan terduga teroris. Akhirnya ada salah satu warga yang memberikan informasi seputar ES.

Warga Dusun Tebokan, Desa Boro Kecamatan Kedungwaru, Sujak menjelaskan ES ditangkap pada waktu dhuhur tak jauh dari rumahnya. Ia menyaksikan saat penangkapan, ES tidak melakukan perlawanan dan mengikuti petugas Densus 88. 

Jembatan 15 Meter di Tulungagung Ambruk, Aktivitas Warga Lumpuh

"Ditangkap pas setelah Salat Dhuhur di mushola dekat sini mas. Orangnya juga tidak melawan saat ditangkap," terang Sujak kepada Viva Jatim di kediaman rumah RT dekat ES, Senin, 5 Juni 2023.

Kediaman ES hanya beberapa ratus meter dari Balai Desa Boro. Tampak dari depan, tertulis plakat sederhana "Charge AKI" berwarna biru dengan background hitam. Sehingga terlihat dari kejauha tak begitu terlihat dengan saksama.

Halaman Selanjutnya
img_title