Gempa 6 SR Pacitan gegara Aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia

Lokasi gempa di Barat Daya Pacitan
Sumber :
  • BMKG

JatimGempa berkekuatan 6 SR terjadi pada Kamis, 08 Juni 2023 pukul 00:04:55 WIB di barat daya Pacitan Jawa Timur tak berpotensi tsunami. Gempa tersebut dikarenakan adanya pergerakan lempeng Indo-Australia.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono menjelaskan sesuai data dari BMKG, lokasi berada pada titik 9.15 Lintang Selatan, 110.69 Bujur Barat. Titik lokasi berada sejauh 117 KM Barat Daya Kabupaten Pacitan dan kedalaman 10 KM.

"Penyebab gempa adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ungkap Stefanus Triadi Atmono, dalam keterangan resminya, Kamis, 8 Juni 2023.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Perihal dampak, Triada mengaku gempa bumi turut dirasakan di Kabupaten Trenggalek dengan skala intensitas III MMI. Yaitu ukuran getaran dirasakan nyata di dalam rumah, berasa getaran seperti ada truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Sementara sampai saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan akibat akibat gempabumi di dekat Pacitan ini," bebernya. 

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Pihaknya mengaku terjadi gempa susulan beberapa menit pasca gempa awal. Pada pukul 00:10:06 WIB gempa berkekuatan 4,1 SR di kedalaman 10 KM berlokasi di 94 KM barat daya Pacitan.

Disusul gempa berkekuatan 3,5 SR pada pukul 00.12:22 yang berada di kedalaman 8 KM. Berlokasi di 91 KM barat daya Kabupaten Pacitan. Lalu, yang gempa susulan terakhir berkekuatan 3,4 SR di 80 KM barat daya Pacitan dengan kedalaman 14 KM.

Halaman Selanjutnya
img_title