PPIH Tegaskan Jemaah Haji UPG 14 di Madinah Tidak Terlantar

Koordinator Media Center Haji (MCH) Pusat Dodo Murtado
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

JatimPanitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menegaskan dan memastikan bahwa jemaah haji kelompok terbang (kloter) 14 Embarkasi Makassar (UPG 14) tidak terlantar. 

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Sebelumnya, sebuah video di media sosial memperlihatkan jemaah haji Indonesia panik lantaran merasa ditelantarkan di Madinah. Informasi yang diperoleh, ternyata jemaah haji lanjut usia itu merupakan kloter 14 UPG asal Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Dalam video yang beredar, terlihat mayoritas jemaah yang terdiri dari lansia tersebut mulai kebingungan.  Terdengar pula seorang wanita yang mengambil video memperlihatkan suasana di sekitar hotel. 

Info Haji 2024, Kemenag Ubah Penempatan Jemaah dari Mina Jadid ke Muaishim

“Potongan video yang viral, adalah suasana saat proses pemindahan jemaah dari hotel asal ke hotel yang lebih strategis, lebih dekat dengan Masjid Nabawi,” kata Koordinator Media Center Haji (MCH) Pusat Dodo Murtado dalam keterangan persnya  di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. 

“Saat ini Jemaah sudah berada di hotel dan tengah melaksanakan ibadah Arbain,” sambungnya, Jumat 09 Juni 2023. 

Kemenag Resmi Buka Seleksi Media Center Haji 1445 H Hingga 7 Januari 2024

Disampaikan Dodo, pemberangkatan Jemaah haji sudah memasuki gelombang kedua. Jemaah haji diterbangkan dari Embarkasi di Tanah Air telah ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Selanjutnya, mereka akan diberangkatkan ke Makkah Al-Mukarramah untuk menjalani Umrah Haji Wajib. 

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tanggal 08 Juni 2023, pukul 24.00 WIB, jelasnya, jumlah total kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi pada masa gelombang 1 dan gelombang 2 sebanyak 106.00 orang atau 275 kelompok terbang. 

Halaman Selanjutnya
img_title