CEO Tik Tok datang ke Indonesia, Bantu 120 ribu Usaha Berbasis Online

CEO Tik Tok Shou Chew dan Menko Marves
Sumber :
  • Viva

Jakarta, Viva Jatim – Kedatangan CEO Tik Tok Shou Chew di Jakarta, 120 ribu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang beralih ke bisnis online dan berpartisipasi di ekonomi digital mendapatkan bantuan dari investasi jutaan dolar AS.

Serap Ribuan Tenaga Kerja, Pj Gubernur Jatim Adhy Lakukan Ground Breaking Pabrik KT&G di Pasuruan

Investasi tersebut senilai US$12,2 juta (Rp182 miliar). Di mana terdiri dari dana hibah tunai, pelatihan keterampilan digital dan kredit iklan untuk UMKM, termasuk bisnis mikro di wilayah pedesaan dan pinggiran kota.

"Kami memiliki peran besar dalam memperluas berbagai peluang ekonomi, edukasi, dan pembangunan komunitas di wilayah ini dan di seluruh dunia. Kami sangat senang melihat dampak positif dari TikTok," kata CEO TikTok Shou Chew di Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023. 

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

Di Asia Tenggara ada lebih dari 325 juta orang mengakses TikTok setiap bulannya dan 15 juta bisnis juga menjadi pengguna platform, menurut laporan 'Efek TikTok: Menumbuhkan Bisnis, Memajukan Edukasi, dan Memberdayakan Komunitas di Asia Tenggara'.  

Mereka menemukan UMKM yang disurvei mengalami peningkatan pendapatan hampir 50 persen melalui penjualan produk dan layanan di TikTok. Kemudian empat dari lima bisnis (79 persen) memanfaatkan platform untuk beralih dari kanal pemasaran luring ke daring.

Adventure Land Romokalisari Surabaya Diminati Pelancong, Omzet Pedagang Capai Jutaan Rupiah

Selain itu, lebih dari 80 persen kreator TikTok yang disurvei mengalami peningkatan pendapatan melalui beragam peluang, termasuk di antaranya TikTok Live dan kerja sama konten bermerek.

Dalam waktu tiga tahun ke depan, program 'Dukungan Lokal' bertujuan untuk memberdayakan bisnis mikro dan kecil, khususnya di wilayah pedesaan, yang masih awam dengan pemasaran di media sosial.  

Halaman Selanjutnya
img_title