Kemenag Gagas 9 Langkah Wujudkan Haji Ramah Lansia

Jemaah Haji asal Jawa Timur
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) mengusung tagline 'Haji Ramah Lansia' pada penyelenggaraan musim haji tahun ini, 1444 H / 2023 M. Guna mewujudkan tagline tersebut, Kemenag telah menggagas 9 langkah guna memberikan pelayanan pria kepada para lansia. 

Hindari Penipuan, Kemenag RI Imbau Masyarakat Tidak Tergiur Tawaran Visa Haji Tanpa Antre di Medsos

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid mengatakan bahwa pihaknya sedari awal telah melibatkan geriatri dari Universitas Indonesia untuk merumuskan konsep layanan, prosedur operasional sekaligus melakukan pemantauan dan pengawasan kesehatan bagi para jemaah haji lansia.

Pedoman dari ahli geriatri, lanjut Subhan, ikut dijadikan materi dalam proses manasik. Kementerian Agama juga telah menyusun buku pedoman Manasik Haji Ramah Lansia. 

Simak Syarat dan Ketentuan Bantuan Pendidikan Islam dan Pesantren Kemenag RI

“Penguatan layanan ramah lansia ini kita sudah sosialisasikan sejak dari tanah air, terutama melalui proses manasik haji jemaah, baik di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan maupun Kantor Kemenag Kabupaten/Kota,” kata Subhan di Mekkah, dikutip dari VIVA, Sabtu, 17 Juni 2023.

Proses manasik bagi jemaah haji yang berada di pulau Jawa, dilakukan delapan kali. Sementara manasik haji di luar pulau jawa dilakukan 10 kali. Komposisinya, dua kali dilakukan di Kankemenag Kabupaten/Kota, sisanya dilakukan di KUA.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Upaya ketiga yang dilakukan dalam mewujudkan haji ramah lansia adalah menyiapkan sarana transportasi, utamanya bus shawalat yang mengantar jemaah haji dari hotel ke Masjidil Haram, pergi-pulang, yang mudah diakses dan ramah lansia.

PPIH tahun ini telah menyiapkan 450 armada untuk layanan Bus Shalawat. Ada tiga terminal pemberhentian, yaitu: Ajyad, Mahbas Jin, dan Syib Amir. Terminal Mahbas Jin dikelola oleh otoritas Arab Saudi dan berlaku untuk semua negara. Sementara pada terminal Mahbas Jin dan Syib Amir, PPIH dapat menyiapkan sekaligus mengelola sendiri armadanya. Karena itu, disiapkan juga bus ramah lansia pada rute terminal Ajyad (Misfalah) dan Syib Amir (Jarwal, Raudhah, dan Syisah).

Halaman Selanjutnya
img_title