Intip Menu Makan Jemaah Haji di Armina, dari Rendang hingga Mangut Lele

Layanan Katering Jemaah Haji di Makkah
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Jatim – Dalam waktu dekat ini, jutaan jemaah haji di seluruh dunia akan memasuki fase puncak haji di Arafah. Termasuk juga bagi jemaah haji asal Indonesia. Ragam menu makanan pun telah disiapkan oleh Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH).

Pemerintah Putuskan Idul Fitri 1445 H Rabu Besok, Ini Penjelasannya

Menu makanan siap saji akan diberikan kepada jemaah haji selama fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina). Di antara menu makanan itu adalah rendang ayam dan daging, mangut lele, semur dan gulai ikan. Untuk makanan ringan ada bubur kacang hijau, kacang merah hingga ketan hitam.

Diketahui, sajian menu Nusantara yang akan dihidangkan kepada jemaah haji Indonesia saat puncak haji itu disiapkan oleh Masyariq atau Muassasah. Untuk memastikan cita rasa dan kualitas makanannya, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi melakukan uji rasa makanannya (mealtest).

Secara Hisab, 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu Besok 10 April 2024

“Kita barusan melakukan mealtest dengan pihak Masyariq untuk layanan konsumsi jemaah haji selama di Masyair, Arafah – Muzdalifah – Mina. Kita merasakan rasa makanan yang akan disajikan seperti apa,” terang Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief di kantor Masyariq, Makkah, Senin, 19 Juni 2023.

Hadir dalam kesempatan ini, Dubes RI di Saudi Abdul Aziz, Irjen Kemenag Faelsa AH, Ketua PPIH Arab Saudi yang juga Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Direktur Bina Haji Arsad Hidayat, Direktur Pengelolaan Dana Haji Jaja Jaelani, Jubir Kemenag Anna Hasbie, serta Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Tips Bikin Rendang Daging Khas Lebaran, Cocok Disantap Bersama Keluarga Besar

“Kita melihat ada nasi dan lauk pauk, ada rendang, ikan, mengut lele, dan lain sebagainya. Juga ada bubur kacang dan menu sarapan lainnya. Ini jenis makanan yang akan disajikan selama mereka di masyair,” sambung Hilman.

Menu masakan yang diuji rasa adalah makanan siap saji. Jenis ini disiapkan agar lebih memudahkan saat pelayanan di Armina. Apalagi, kata Hilman, rasa makanan juga terjaga.

Halaman Selanjutnya
img_title