Unik, Kiai Muda Pendukung Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Nata De Leri dari Air Cucian Beras

Kiai Muda Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Nata De Leri
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jombang, VIVA Jatim –Sukarelawan Kiai Muda Jawa Timur pendukung Ganjar Pranowo menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan limbah air cucian beras menjadi nata de leri di Dusun Mojosari, Desa Sumbersari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada Senin, 19 Juni 2023.

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Mereka terus melakukan berbagai kegiatan positif untuk membantu masyarakat, baik melalui upaya edukasi maupun pelatihan. 

Koordinator Wilayah Kiai Muda Jatim, KH Ali Baidlowi mengatakan, pelatihan ini diadakan untuk mendorong masyarakat agar mandiri secara ekonomi dengan menjadikan limbah harian rumah tangga tersebut menjadi produk yang berkualitas. 

Kandidat Kuat Pilkada Kediri, Mas Dhito Fokus Kerja hingga Akhir Masa Jabatan

"Kami tahu setiap rumah tangga mereka setiap harinya mempunyai limbah air cucian beras dan terbuang sia-sia. Karena begitu banyaknya air limbah alangkah baiknya kami membuat terobosan baru," ujar Ali. 

Dia berharap ide usaha ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan sebagai terobosan home industri dengan nilai jual yang tinggi. Apalagi banyak warga yang kehilangan mata pencahariannya imbas pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa waktu lalu. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Dilansir dari djkn.kemenkeu.go.id, pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap perekonomian Indonesia, mulai dari perubahan rantai pasok dunia hingga penurunan investasi asing ke Indonesia. 

Penurunan tersebut dapat dilihat melalui perlambatan pertumbuhan ekonomi yang turun dari 5,02 persen di tahun 2019 menjadi 2,97 persen pada tahun 2020. 

Halaman Selanjutnya
img_title