Prabowo Salurkan 100 Sapi Kurban ke Pesantren dan NU Jatim, Terberat 1 Ton

Gerindra Jatim menyerahkan sapi kurban Prabowo Subianto ke PWNU.
Sumber :
  • PWNU Jatim untuk Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Momen Idul Adha 1444 Hijriyah tak dilewatkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, untuk berkurban. Ia pun membagikan lebih dari 100 ekor sapi ke ratusan pondok pesantren, Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah di Jawa Timur. Sapi kurban terbesar seberat satu ton, disalurkan melalui Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Seekor sapi kurban telah diserahterimakan ke Pengurus Wilayah NU Jatim pada Rabu, 28 Juni 2023. “Satu ekor untuk PWNU dan juga untuk seluruh pesantren-pesantren se Jawa Timur. Yang spesial untuk PWNU karena langsung diantarkan sendiri oleh Gerindra,” kata Wakil Sekretaris PWNU Jatim, Syukron Dossi, kepada Viva Jatim.

Dia menjelaskan, sapi kurban dari Prabowo itu jenis Simental seberat 700 kilogram. Yang menarik, lanjut Syukron, sapi tersebut dibeli Prabowo dari peternak binaan Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah NU (LAZISNU) Jatim. “Selain berkurban Idul Adha, ini wujud pemberdayaan terhadap peternak binaan NU,” ujarnya.

Giliran PDIP dan PKB Disambangi Ketua Gerindra, Bentuk Koalisi Besar di Pilkada Gresik 2024

Alumnus Fakultas Adab UINSA Surabaya itu menambahkan, selain ke PWNU Jatim, Prabowo juga membagikan sapi kurban ke seluruh pesantren di Jatim. Daging kurban tersebut kemudian akan dibagikan ke masyarakat, terutama warga NU dan santri. “Sapi [kurban dari Prabowo ini] dibeli dari peternak binaan LAZIZNU untuk diserahkan untuk warga NU,” ucapnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim, Hidayat, menuturkan, pada momen Idul Adha kali ini Prabowo membagikan lebih dari 100 ekor sapi kurban ke lebih dari 100 pondok pesantren di Jatim. “Untuk dibagikan kepada santri dan masyarakat sekitar,” katanya.

Maju Pilwali Surabaya 2024, Kader Gerindra Hadi Dediansyah Janji Bikin Perubahan

Sapi kurban terbesar dan terberat yang dibagikan Prabowo disalurkan melalui Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. “Sapinya jenis Brahman, dibeli dari peternak sapi atasnama Rozaq Jogoroto, dengan berat kira-kira 1 ton dan dibagikan ke Pondok Pesantren Tebuireng,” tandas Hidayat.