Daging Ayam Naik, DPRD Jatim Minta Pemerintah Subsidi Harga Pakan Ternak

Anggota DPRD Jawa Timur, Daniel Rohi
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

JatimAnggota DPRD Jawa Timur, Daniel Rohi meminta agar pemerintah memberikan subsidi harga pakan, terhadap peternak. Pasalnya, hamper 70 persen biaya operasional peternak dikeluarkan untuk membeli harga pakan.

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

“Harus diintervensi dengan mensubsidi harga pakan, misalnya memberikan subsidi harga jagung saja agar nanti ketika panen tidak dinaikkan,” kata Daniel, Sabtu, 8 Juli 2023.

Hal ini dikatakan politisi PDIP merespon melonjaknya harga daging ayam potong di beberapa pasar tradisional yang terjadi belakangan ini. Ia menilai naiknya daging ayam terjadi karena kenaikan harga pakan, yang sebagian besar masih tergantung impor.

Pertumbuhan Ekonomi Gresik di Bawah Rata-Rata Nasional, Butuh Sentuhan Birokrasi

“Saya curiga ini karena naiknya pakan, karena sebagaian besar pakan kita impor. Seperti bungkil kedelai kan masih impor. Kita tahu harga jagung juga naik belakangan ini,” katanya.

Daniel mengaku prihatin dengan kenaikan harga ayam tersebut. Dia khawatir, melonjaknya harga ayam itu bisa mempengaruhi kondisi inflasi, terutama di Jawa Timur.

Sosok Kartini Jadi Inspirasi Kris Dayanti sebagai Anggota DPR Sekaligus IRT

“Saya prihatin kalau harga ayam naik cukup tinggi, ini baru pertama kali terjadi, padahal  tidak ada hari besar,” tambah Wakil Ketua DPD PDIP Jatim itu.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, harga ayam mengalami kenaikan serentak di Indonesia. Di Surabaya, harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional Surabaya naik. Kenaikannya pun cukup signifikan akibatnya pembeli mengalami penurunan.

Halaman Selanjutnya
img_title