Giliran Erick Thohir dan Prabowo Subianto Bertemu Jokowi, Ini yang Dibahas

Prabowo Subianto dan Erick Thohir temui Presiden Jokowi
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Setelah sebelumnya bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, kini Presiden Joko Widodo kembali menggelar pertemuan dengan elite politik lainnya. Yakni Menhan RI sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Pranowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Kembangkan Teknologi AI dan Pusat Riset di IKN

Pertemuan yang berlangsung di Istana Bogor pada Minggu, 16 Juli 2023 lalu, membahas soal industri pertahanan di Indonesia. Dalam waktu dekat, Menhan RI bakal mengunjungi pabrik peluru yang ada di Malang, PT Pindad. Hal ini diungkapkan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Erick mengatakan bahwa Presiden Jokowi menginginkan PT Pindad yang memproduksi peralatan pertahanan agar dipindah ke kota Subang, Jawa Barat. Sebab kawasan industri di daerah tersebut sudah terpadu dan strategis.

Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Begini Komentar Erick Thohir

"Sebagai fasilitas yang terbaru, karena memang kita perlu. Kalau kita lihat juga bagaimana ketika di Kertajati, bapak presiden menginginkan adanya Pindad dan PTDI itu pindah ke Subang, kawasan industri Subang supaya terpadu. Karena lokasi Pindad dan Kertajati sudah di tengah kota," kata Erick dikutip dari VIVA, Kamis, 20 Juli 2023.

"Makanya keesokan harinya di hari Selasa, saya membawa wakil menteri yang baru, Pak Rosan, yang kebetulan membawahi industri pertahanan untuk mulai bisa menindaklanjuti," sambungnya.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Selain itu juga, Erick mengatakan dalam pertemuan itu membahas tentang keberlangsungan pertahanan di Indonesia, agar tidak tertinggal dengan negara lain dan mempersiapkan strategi pertahanan ke depannya.

"Dimana kita konteksnya, kalau kita lihat geopolitik, kita enggak boleh ketinggalan dalam membangun industri pertahanan kita. Bukan berarti kita mau kekerasan, tetapi kan yang terbaik juga kita mempersiapkan defense, jadi pertahanan kita," kata Erick.

Halaman Selanjutnya
img_title