Tak Mau Kalah, Apple bakal Kembangkan Teknologi Kecerdasan Buatan

Produk Apple
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimKecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kini tengah menjadi trend kemajuan teknologi di dunia. Berbagai pihak telah berlomba-lomba merebut pasar guna menguasai AI. Seperti OpenAI, ChatGPT dan lainnya. 

Sering Buka Situs Sensitif dan Berbahaya? Ini Cara Mudah Hapus Jejak Digital

Baru-baru ini, dikabarkan Apple juga berencana bakal mengembangkan teknologi AI tersebut. Teknologi raksasa itu telah menciptakan chatbot yang secara internal disebut oleh beberapa insinyur sebagai "Apple GPT".

Namun demikian, perusahaan tersebut belum menentukan strategi untuk merilis teknologi tersebut kepada konsumen. Dilaporkan bahwa Apple akan membuat pengumuman terkait AI tahun depan.

Perusahaan Penyedia Layanan Kreatif Ini Majukan UMKM Lewat Kolaborasi Teknologi, Seni dan Inovasi

Dilansir dari VIVA, Jumat, 21 Juli 2023, Apple telah membentuk kerangka kerja yang disebut "Ajax" untuk menciptakan model bahasa besar (large language model) (LLM) yang akan membekali chatbot seperti halnya pada ChatGPT milik Open AI dan Bard yang dikembangkan oleh Google.

Ajax beroperasi pada Google Cloud dan dibangun menggunakan Google JAX, kerangka kerja pembelajaran mesin besutan Google. Apple menggunakan Ajax untuk membentuk LLM yang menjadi fondasi dari chatbot AI yang dikembangkannya.

5 Strategi Ampuh Kembangkan UMKM Lebih Cepat

Teknologi chatbot yang dikembangkan Apple saat ini hanya bisa diakses oleh pegawai Apple yang telah mengantongi izin khusus demi alasan keamanan.

Karyawan Apple menggunakan chatbot untuk membantu pembuatan prototipe produk. Chatbot dapat digunakan untuk meringkas teks dan menjawab pertanyaan berdasarkan data yang telah dilatihnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title