Melihat Keindahan Ribuan Bunga Tabebuya Bermekaran di Surabaya

Bunga Tabebuya bermekaran di Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Bunga asal Brasil, atau yang dikenal dengan Bunga Tabebuya kembali menampakkan keindahannya saat bermekaran di sepanjang pinggir jalan protokol Surabaya. Hal itu menjadi penanda bahwa Surabaya tengah memasuki pergantian musim dari penghujan ke musim panas.

Hari Bumi 2024, PLN Jatim Bersama DLH Surabaya Tanam 400 Bambu di TPA Benowo

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, mekarnya bunga asal Brasil itu bukan hanya untuk menambah keindahan dan estetika kota, akan tetapi juga sebagai tanda perubahan musim.

Hebi menerangkan, bunga Tabebuya di Kota Surabaya akan mekar sebanyak dua kali dalam setahun. Yaitu setiap pergantian musim panas ke penghujan dan penghujan ke musim panas.

Revitalisasi TPST Branggahan, Cara Pemkab Kediri Tingkatkan Pengelolaan Sampah

"Dari tahun ke tahun, ketika Tabebuya itu mekar selalu saya amati. Biasanya, mekar ketika pergantian musim, dari penghujan ke musim kemarau, begitu sebaliknya,” kata Hebi dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Rabu, 25 Juli 2023.

Saat ini, bunga Tabebuya di Kota Surabaya ada lima jenis warna. Mulai dari warna putih, merah muda (pink), kuning, ungu, dan merah. Totalnya, saat ini ada 16.741 bunga Tabebuya yang tersebar di seluruh penjuru Kota Surabaya.

Bus SSCT Manjakan Wisatawan dengan Keliling Kota Surabaya

“Ada beberapa tabebuya yang sekarang sedang mekar, warna putih, pink, merah, kuning,” kata Hebi.

Hebi menerangkan, bunga Tabebuya paling banyak ada di kawasan Jalan Ahmad Yani, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Kertajaya Indah, Jalan Dharmahusada Indah, Jalan Dharmahusada, Jalan Ambengan, Gelora Bung Tomo (GBT), Jalan Mayjend Sungkono, Jalan Wiyung, Jalan Ngagel Jaya Selatan, dan Jalan HR Muhammad.

Halaman Selanjutnya
img_title