Gegara Aspal Retak di Jalan Pasar Kembang, PDAM Surabaya Pindah Jalur Pemasangan Pipa

PDAM Surabaya Pindah Jalur Pemasangan Pipa
Sumber :
  • Mukhammad Dhofir

Surabaya, VIVA Jatim - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya memutuskan memindah jalur pemasangan pipa dari titik semula di Jalan Pasar Kembang, Tegalsari, paska aspal retak dan terangkat.

Bus SSCT Manjakan Wisatawan dengan Keliling Kota Surabaya

Menurut Manajer Proyek Perpipaan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Louis Andilun Gatu, setelah dilakukan kajian dan evaluasi bersama kontraktor paska kejadian, pihaknya memutuskan merubah jalur perpipaan dan membiarkan rangkaian pipa yang terlanjur tertanam di dalam tanah.

"Jadi setelah kita lihat, kita kaji bersama  kontraktor memang sangat beresiko untuk kita lakukan penarikan kembali. Banyak kemungkinan kita akan melangkah ke perubahan jalur lagi," ucap Louis, Selasa 1 Agustus 2023.

Warga Surabaya Keluhkan Pagar Penghalang Motor di Trotoar Banyak yang Rusak

Ia menjelaskan pipa PDAM yang tertanam saat ini kondisinya stuck alias tidak bergerak ketika didorong karena rongga sebagai jalur pipa sudah bercampur antara pasir dan air sehingga membentuk bentonit yang menyerupai campuran semen.

Apabila rangkaian pipa sepanjang 102 meter dipaksa ditarik keluar. Ia khawatir akan terjadi longsor. Namun ketika dibiarkan terkubur, pipa-pipa tersebut akan mengeras bersama material bentonit yang terbentuk.

Yuk, Rasakan Sensasi Horor Pandora Nightmare saat Libur Lebaran di Surabaya

"Jika pipa ditarik, bentonit ini akan hilang. Stabilitas tanah akan berkurang, dikhawatirkan akan terjadi potensi kedua berupa longsor di sekitar area," lanjutnya.

Nantinya, rangkaian pipa PDAM akan ditanam ke jalur yang memiliki kontur tanah keras dan tidak berpasir untuk menghindari kejadian serupa berulang. Namun jalur tersebut kemungkinan tidak jauh dari titik semula.

Halaman Selanjutnya
img_title