Kebakaran Hutan di Gunung Gundil Situbondo Habiskan Lahan 15 Hektar

Kebakaran hutan 15 hektar
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Situbondo, VIVA JatimKebakaran hutan di Gunung Gundil atau Perbukitan Kendit, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur menghabiskan lahan 15 hektar, Selasa, 1 Agustus 2023. Hal itu lantaran api berkobar dari pukul 20.00 WIB hingga 23.00 WIB baru berhasil dipadamkan.

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Satriyo Nurseno mengatakan, kebakaran itu dilaporkan terjadi pukul 20.00 WIB malam. Petugas mengalami kesulitan untuk memadamkan lantaran medan yang harus ditempuh cukup berat.

“Pada hari Selasa, 1 Agustus 2023 pukul 20.00 WIB, telah terjadi kebakaran lahan di Perbukitan Kendit, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit,” kata Satriyo melalui keterangannya, Rabu, 2 Agustus 2023.

Rumah Lantai 2 Terbakar gegara Korsleting Listrik di Trenggalek 

Dirinya menambahkan bahwa medan menuju lokasi cukup sulit karena berada di perbukitan dan di atas tebing. Kemudian banyaknya tumbuhan kering dan angin cukup kencang membuat kebakaran mudah meluas.

“Mobil damkar (pemadam kebakaran) tidak bisa masuk dikarenakan medan yang sulit,” ujarnya.

Sehari Jelang Lebaran, Pabrik Cokelat di Surabaya Terbakar

Alhasil saat pemadaman, BPBD Situbondo dan petugas gabungan melakukan proses pemadaman api dengan cara manual. Yakni menggunakan ranting kayu yang dipatahkan kemudian dipukul-pukulkan.

Satriyo melanjutkan, api baru padam sekitar pukul 23.00 WIB. Tak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Kendati demikian, penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan.

Halaman Selanjutnya
img_title