Kali Pertama, Trofi FIBA World Cup Hadir di Kota Surabaya

Trofi FIBA World Cup 2023
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimKota Surabaya menjadi salah satu daerah yang terpilih sebagai tuan rumah Trophy Tour FIBA (Federation International Basketball) Basketball World Cup 2023. Trofi Piala Dunia FIBA 2023 tersebut, dipamerkan di halaman Balai Pemuda pada Rabu, 2 Agustus 2023 kemarin. 

Begini Cara Pemkot Surabaya Wujudkan PPDB SMPN 2024 Lebih Berkeadilan

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, Kota Surabaya hari ini menjadi bagian dari sejarah perjuangan basket Indonesia. Di momentum luar biasa ini, ia berharap, bisa dijadikan motivasi dan inspirasi bagi para pecinta basket di Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Semakin berjaya ya untuk pegiat basket di Surabaya, dan kita harapkan cabang olahraga (cabor) basket ini menjadi yang utama, serta berkontribusi bagi atlet dan pembina olahraga basket di sini,” kata Wiwiek saat ditemui di Balai Pemuda kemarin sore.

Bus SSCT Manjakan Wisatawan dengan Keliling Kota Surabaya

Dalam kegiatan ini, Wiwiek tak sendiri, ia turut didampingi oleh Ketua Persatuan Basket Indonesia (Perbasi) Jawa Timur Grace Evi Ekawati. Event pertama kali yang digelar di Kota Surabaya itu, ada beberapa stan yang bisa dikunjungi, mulai dari booth trofi Piala Dunia FIBA 2023, foto booth 360 derajat, hingga both high jump.

Sebelumnya, trofi ini dipamerkan di dua daerah di Indonesia, yakni Kota Solo, Jawa Tengah dan di beberapa tempat ikonik di Provinsi Bali. Setelah dari Kota Surabaya, rencananya trofi ini akan diboyong ke Jakarta untuk dipamerkan.

Warga Surabaya Keluhkan Pagar Penghalang Motor di Trotoar Banyak yang Rusak

Wiwiek menyampaikan, kesempatan ini juga menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam memberikan dorongan dan fasilitas bagi para atlet basket di Kota Surabaya. Bahkan, Pemkot Surabaya sudah melakukan berbagai aksi, mulai dari pembibitan hingga memberikan wadah untuk para atlet basket di Kota Pahlawan.

“Pembibitan itu dilakukan baik di anak-anak SMA, SMP, dan sebagainya. Begitu pembibitan kita bisa dorong untuk masuk klub hingga ke tingkat provinsi bahkan Indonesia (nasional). Bahkan pemkot juga sempat menggelar lomba basket yang memperebutkan piala wali kota,” sampainya.

Halaman Selanjutnya
img_title