Satpas Colombo Surabaya Hapus Ujian Praktik Sirkuit 8 untuk SIM C

Satpas Colombo Satlantas Polrestabes Surabaya
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimSatpas Colombo Satlantas Polrestabes Surabaya menghapus ujian praktik sirkuit 8 bagi pemohon SIM C. Penghapusan dilakukan berdasarkan perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Siswi SMP di Surabaya Diperkosa 2 Pemuda usai Dipaksa Pesta Miras

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman menjelaskan, meskipun sirkuit 8 tidak diberlakukan lagi saat ujian praktik bagi pemohon SIM C, pihaknya masih menerapkan ujian praktik lain untuk menguji keterampilan berkendara. Hanya saja rutenya dibikin lebih sederhana dan lebih mudah.

"Tidak ada lagi yang menjadi momok masyarakat angka 8 dan zigzag tapi tidak menghilangkan proses keterampilan pengendara," ujar AKBP Arif Fazlurrahman di Surabaya, Sabtu 5 Agustus 2023.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Selain menghapus sirkuit 8, Satlantas Polrestabes Surabaya juga menyediakan fasilitas coaching clinic. Layanan ini disediakan bagi pemohon SIM C yang gagal ujian praktik.

Nantinya, setiap pemohon SIM C yang gagal ujian secara otomatis akan menerima pesan Whatsapp dari Satlantas Polrestabes Surabaya. Pesan tersebut berisi undangan kepada pemohon SIM C untuk mengikuti coaching clinic di lokasi pengurusan SIM.

Polrestabes Surabaya Gagalkan Penyelundupan 41 Kg Sabu Jaringan Sumatera - Jawa

Khusus bagi pemohon yang ingin belajar ujian teori, Satlantas Polrestabes Surabaya juga menyediakan QR Code e Book E-Avis yang ditempel pada meja permohonan. Kode tersebut bisa discan dan otomatis akan mengarah kepada halamam e-book dari Satlantas Polrestabes Surabaya.

Perubahan ini mendapat apresiasi dari masyarakat, terutama pemohon SIM C yang merasa kaget dengan perubahan praktek SIM C pada hari ini karena dirasa lebih realistis namun tetap edukatif.

Halaman Selanjutnya
img_title