Mahfud MD : Demokrasi Pemilu 2024 Harus Dikawal Nomokrasi

Menkopolhukam, Mahfud MD
Sumber :
  • Mukhammad Dhofir /Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menghadiri Forum Diskusi yang digelar lembaganya bersama Bawaslu dan Polri di Surabaya, Selasa 8 Agustus 2023.

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Saat memberi sambutan di acara bertema Wujudkan Pemilu Bersih tersebut, Mahfud menyampaikan pentingnya penegakan hukum untuk menjaga Pemilu 2024 agar berjalan jujur, adil serta demokratis.

Nah, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia itu menyebut upaya penegakan hukum ini dengan istilah nomokrasi.

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

"Mengapa Gakkumdu dan instrumen-instrumen hak hukum yang lain diperlukan? Karena demokrasi itu harus dikawal dengan nomokrasi," kata Mahfud MD.

Demokrasi menurut Mahfud ialah upaya untuk mencari kemenangan. Sedangkan nomokrasi baginya adalah upaya mencari kebenaran.

KPU Mojokerto Tetapkan 50 Caleg Terpilih DPRD, PKB Jadi Pemenang

Menurut Mahfud, nomokrasi penting ditegakan untuk menangkal berbagai kecurangan dan perbuatan melanggar hukum selama proses demokrasi pada Pemilu 2024. Antara lain berupa politik uang dan berita bohong yang bertujuan memecah belah persatuan bangsa.

"Pemilu itu ekspresi demokrasi, dan demokrasi itu akan menjadi liar, demokrasi itu akan menjadi perusak masyarakat kalau tidak ada nomokrasi," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title