Elektabilitas Gerindra Terus Meroket di Jatim, Berpotensi Usik PDIP dan PKB

Direktur Surabaya Survey Center (SSC) Mochtar W Oetomo.
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Elektabilitas Partai Gerindra terus meroket menjelang Pemilu 2024 mendatang. Hasil survei yang dirilis Surabaya Survey Center (SSC) di Jawa Timur, menempatkan PDI Perjuangan di posisi teratas, disusul PKB kemudian Gerindra.

Daftar Calon yang Pasti Diusung PKB pada Pilkada di Jatim, untuk Pilgub?

"Elektabilitas PDIP masih tertinggi di Jatim, disusul PKB dan Gerindra," kata Direktur SSC Mochtar W Oetomo dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Kamis, 10 Agustus 2023.

Eektabilitas PDIP berada di posisi pertama dengan angka 23,7%. Kemudian disusul PKB 19,8%, dan Gerindra 15.8%. Lalu ke-4 Demokrat 8,7%, dan Golkar melengkapi 5 besar dengan 7,2%.

Pilkada Lamongan 2024: Yuhronur Efendi Daftar di PDIP, Ketua PKB Daftar di NasDem

"Kemudian NasDem 3,8%, PKS 3,5%, PAN 3,2%, PPP 2,2%. Lalu Perindo dan PSI masing-masing 1,8% dan 1%. Lainnya, yakni PBB 0,3%, Hanura dan Ummat yang keduanya sama-sama 0,2%. Sementara partai Buruh, Gelora, PKN, dan Garuda kompak memeroleh 0,1%," jelasnya.

Mochtar mengatakan elektabilitas PDIP menunjukkan seluruh elemen dari mesin partai telah bekerja secara optimal di Jatim.

Bertemu Cak Imin, Duet Mas Dhito-Mbak Dewi Lanjut di Pilbup Kediri 2024

Namun perlu digaris bawahi, masih ada 8,2% responden yang memilih untuk tidak menjawab atau menyatakan tidak tahu.

"Undecided voters sebesar ini adalah peluang atau ceruk yang relatif besar yang masih dapat diperebutkan dan digarap oleh partai-partai lainnya. Berdasarkan data empirik, perilaku memilih undecided voters ini akan menentukan pilihan pada detik-detik terakhir menjelang hari pencoblosan," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title