DPRD Jatim Dorong Raperda Pertembakauan Ciptakan Kesejahteraan Petani

Anggota Komisi B DPRD Jatim Daniel Rohi
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimKomisi B DPRD Provinsi Jawa Timur tengah mencari masukan untuk  menuntaskan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pengembangan dan Pelindungan Pertembakauan.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Anggota Komisi B DPRD Jatim Daniel Rohi mengatakan, saat ini keberadaan Perda Pertembakauan sangat relevan dan urgen. Sebab, kontribusi cukai rokok dari Jawa Timur secara nasional paling besar. 

"Tahun 2021 mencapai Rp 115 triliun. Cukai rokok dari Jawa Timur hampir menyumbang 60 persen dari kontribusi nasional," beber Daniel Rohi di Surabaya, Kamis10 Agustus 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Daniel menganggap, meskipun Jawa Timur sebagai penghasil tembakau nomor satu di Indonesia namun belum linier dengan kesejahteraan petani. Karena itu, dia minta Perda ini harus fokus agar bisa memberdayakan petani. 

"Supaya petani bisa mencapai tingkat kemakmuran sesuai dengan komoditas yang memang laris dan memberikan keuntungan bagi negara," ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim tersebut.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Perda Pertembakauan Jatim, lanjut Daniel Rohi, nantinya akan mengatur hal-hal yang menjadi kebutuhan para petani. Mulai dari ketersediaan bibit, teknologi pengolahan, akses permodalan, hingga pemasaran. 

Selain pemberdayaan petani, dia pun mendorong Perda ini komprehensif mengakomodir keseluruhan ekosistem pertembakauan, mulai hulu sampai hilir.

Halaman Selanjutnya
img_title