Metode BMKG Dalami Suara Misterius di Perut Bumi Sumenep

Tangkapan layar video warga berkumpul di sekitar lokasi kejadian
Sumber :
  • Tangkapan layar video

Surabaya, VIVA Jatim – Tim dari BMKG Bidang Stasiun Geofisika Pasuruan akan memasang alat khusus bernama geolistrik untuk mendeteksi penyebab munculnya suara misterius di perut bumi Sumenep. Tepatnya di Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Menurut Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Tretes Suwarto, metode Geofisika itu untuk mengetahui perubahan tahanan jenis lapisan batuan di bawah permukaan tanah. Dengan cara mengalirkan arus listrik Direct Current yang mempunyai tegangan tinggi ke dalam tanah.

"Ini untuk mengetahui kemungkinan asa rongga di bawah permukaan tanah. Kan kalau ada aliran air berarti ada rongga di dalamnya," kata Suwarto saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon kepada Viva Jatim, Senin 14 Agustus 2023.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Pemasangan alat ini, lanjut Suwarto, nanti akan dikerjakan oleh tim dari Geologi ITN Malang. Langkah itu diambil lantaran pemasangan seismograf yang dilakukan sebelumnya tidak berhasil mendeteksi penyebab munculnya fenomena alam tersebut.

Bahkan Suwarto menyebut, suara misterius diserta getaran itu tak lagi terdengar saat pihaknya mendatangi lokasi. Begitu juga dengan getaran yang sempat dirasakan di sekitar lokasi juga tak terdeteksi.

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

"Kemarin (Minggu, 13 Agustus 2023) kita pasang alat untuk memeriksa getaran itu, untuk mendeteksi. Hanya memang saat kita tunggu tidak muncul suara dan getaran itu," ujar Suwarto.

Lantaran tak kunjung mendeteksi getaran, pihaknya pun mengaku tak bisa menyimpulkan penyebab suara aneh tersebut terjadi. Sehingga diperlukan metode lain, termasuk alat geolistrik untuk mencari tahu fenomena alam tersebut.