Lintasan Makin Mudah, Satpas Tulungagung Catat Pemohon SIM C Lulus 80 Persen

Pemohon SIM C sedang mengikuti ujian praktik
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim –Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengubah  mengubah jalur zig-zag dan angka delapan menjadi jalur huruf S untuk memudahkan pemohon SIM. Pelayanan Satuan Penyelenggara Adminstrasi Surat Izin Mengemudi (Satpas) Polres Tulungagung mencatat 80 persen pemohon SIM C dinyatakan lulus.

95 PPK se-Tulungagung Dilantik, Tugas Pilkada 2024 Menanti

Pemohon SIM C, Dinda Gita Pambayon (23), mengaku sudah berulang kali gagal tes ujian sebanyak 10 kali saat ujian praktik SIM. Dinda mengikuti tes ini lantaran SIMnya rusak, sehingga harus mengurus kembali mulai dari nol.

Dengan lintasan yang lebih lebar, Dinda menilai hal tersebut memudahkan pemohon SIM. Hal yang harus diperhatikan menurutnya terletak pada arahan yang diberikan kepada petugas saat melewati lintasan S.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

"Tipsnya lebih mudah yaitu mengikuti instruksi dari petugas. Yang perlu diperhatikan instruksi tersebut seperti apa diikuti dengan benar, pasti mudah," jelasnya.

Selain itu, perempuan asal Kecamatan Ngunut ini berpesan supaya memperhatikan dalam pengereman. Sebab ada titik dimana harus melakukan pengereman dengan tanda garis kuning yang berada usai tikungan huruf S. 

3.500 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Buruh 1 Mei di Surabaya

"Lebih fokus ke rem saja sih menurut saya. Dulu saat masih angka 8 gagal 10 kali, kalau yang baru ini sudah ketiga," tandasnya.

Lain Dinda, lain lagi Ardiyansah (20) yang hari ini pertama kali melakukan uji praktik SIM C. Ia gagal saat melakukan pengereman, seharusnya menggunakan rem kombinasi kanan kiri untuk sepeda motor matic, dirinya hanya menggunakan rem kiri.

Halaman Selanjutnya
img_title