Dua Jalur Pendakian Gunung Rinjani Kini Dibuka setelah Ditutup karena Kebakaran

Gunung Rinjani
Sumber :
  • Viva

Lombok, VIVA Jatim – Sempat ditutup akibat kebakaran lahan, dua jalur pendakian Gunung Rinjani yaitu Aik Berik di Lombok Tengah dan Tetebatu di Lombok Timur kini dibuka kembali.

Puskesmas Kutorejo Mojokerto Terbakar, Ruang Penyimpanan Obat Ludes

Kepala Balai TNGR, Dedy Asriadi mengatakan, terhitung mulai Senin, 14 Agustus 2023, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) membuka kembali kunjungan wisata melalui dua jalur tersebut. 

“Balai TNGR membuka kembali kunjungan wisata alam mulai tanggal 14 Agustus 2023 pada Jalur Pendakian Aik Berik di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah dan Jalur Pendakian Tetebatu di Desa Tetebatu Kecamatan Sikur Lombok Timur,” katanya.

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

Dia juga menghimbau agar tidak terjadi kejadian serupa, pendaki di Gunung Rinjani agat berhati-hati menggunakan api. Hal ini agar tidak terjadi kebakaran. Apalagi saat ini masuk musim kemarau dan angin kencang.

 “Memasuki musim angin dan kemarau tahun ini, mari lebih bijak dalam menggunakan api untuk mencegah kemungkinan potensi terjadinya musibah kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya. 

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Sebelumnya pada 4 Agustus 2023 dua jalur pendakian tersebut terbakar. Akibatnya Balai TNGR memutuskan untuk menutup dua jalur tersebut. Kebakaran terus meluas membuat petugas berpacu untuk memadamkan api.

Api baru dipastikan padam pada 9 Agustus 2023 dengan total lahan yang terbakar mencapai  205 hektare.

Halaman Selanjutnya
img_title