Gerindra Berpotensi Salip PDIP dan PKB di Jatim Menurut Survei SRS

Penyampaian hasil survei SRS di Jawa Timur
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS) terkait elektabilitas partai politik di Jawa Timur menempatkan PDI Perjuangan (PDIP) di posisi teratas, disusul PKB dan Gerindra. Namun demikian, posisi PDIP dan PKB itu berpotensi disalip Gerindra.

Golkar Siapkan Menantu Pakde Karwo Jadi Penantang Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya

"PDIP teratas, disusul PKB, dan Gerindra membayangi di peringkat ke-3," kata Direktur Riset SRS Edwin Abdul saat menyampaikan hasil survei melalui zoom, Selasa, 15 Agustus 2023.

Dalam survei SRS, pertarungan tiga besar diprediksi berlangsung sengit. Di mana elektabilitas PDIP di angka 21,8%, PKB 18,5%, dan Gerindra 16,7%.

Usai PDIP, Eri Cahyadi akan Daftar Bacawali ke Partai Lain

"Di luar tiga partai itu, elektabilitas partai lainnya di bawah 10%," jelasnya.

Menurut Abdul, partai yang mengalami tren peningkatan paling besar ialah Gerindra. Partai besutan Prabowo Subianto ini berpotensi bisa menyalip PDIP dan PKB.

Pilwali Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji Resmi Daftar ke PDIP

"Perkembangan Gerindra di Jatim sangat berpotensi mengusik PKB dan PDIP. Di Pemilu 2019 lalu, Gerindra meraih 11,2%, dan hari ini elektabikitasnya sudah 16,7%. Banyaknya kader-kader dari representasi Nahdliyin seperti Anwar Sadad di Gerindra ini membuat partai tersebut diminati ceruk-ceruk pemilih NU," jelasnya.

"Meskipun memang faktor utama Gerindra meningkat di Jatim juga efek elektoral dari Prabowo yang terus naik di Bumi Majapahit. Gerindra sekarang sudah masuk partai papan atas di Jatim," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title