Kapolres Gresik Apresieasi Inisiatif Perguruan Silat yang Bongkar Tugu Secara Mandiri

Proses pembongkaran tugu IKSPI Kera Sakti di Gresik
Sumber :
  • Tofan Bram Kujmara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim –Keberadaan tugu-tugu perguruan silat disinyalir menjadi salah satu pemicu terjadinya bentrokan antar perguruan yang ada di Jawa Timur.

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

Alasan tersebut menjadikan IKSPI Kera Sakti yang secara mandiri melakukan pembongkaran tugu perguruan di Desa Brangkal Kecamatan Balongoanggang Kabupaten Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom memberikan apresiasi kepada IKSPI Kera sakti Cabang Gresik yang dengan suka rela membongkar sendiri tugu perguruan pencak silatnya.

Dukung Kelestarian Lingkungan, Petrokimia Gresik Tanam Ribuan Pohon

Tugu yang terletak di Desa Brangkal, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik tersebut telah dibongkar perwakilan dari pengurus maupun anggota IKSPI dan disaksikan Forkopincam setempat.

“Saya mengapresiasi atas pembongkaran ini, mereka secara suka rela mematuhi surat edaran dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur,” katanya, Selasa 29 Agustus 2023.

Perahu Rombongan PMII Terbalik Diterjang Ombak di Bawean, Satu Meninggal

Mantan Kapolres Blitar ini mengatakan keberadaan tugu-tugu dari perguruan silat tersebut dinilai sebagai salah satu pemicu konflik antar perguruan. Imbasnya timbul perkelahian fisik yang berisiko mengakibatkan korban jiwa.

"Tidak sedikit korban jiwa, luka berat, luka ringan maupun materi, saat ada adu fisik antar anggota perguruan silat," ujar AKBP Adhitya.

Halaman Selanjutnya
img_title