Isu Duet Anies-Cak Imin, Gus Salam : Kita Ikut

Anies Baswedan bersama Gus Salam di Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar
Sumber :
  • Viva Jatim/Luthfi Hermansyah

Jombang, VIVA Jatim – Isu duet Anis Baswedan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bakal capres dan cawapres di Pemilu 2024 santer dibicarakan. 

Deny Widyanarko Siap Lawan Petahana di Pilkada Kediri 2024: Demi Marwah Demokrasi!

Terkait hal itu, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam mengaku telah mendengar isu tersebut. Namun, paman Cak Imin itu meresponnya dengan santai. 

"Soal tersebut bukan domain (ranah) saya. Tapi urusan Jakarta," katanya kepada wartawan usai Anies sowan ke kediamannya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Daftar Calon yang Pasti Diusung PKB pada Pilkada di Jatim, untuk Pilgub?

Gus salam menyampaikan, jika politik NU adalah PKB. Oleh sebab itu, ia mengikuti arus Cak Imin yang dapat memastikan kehendaknya untuk maju bersama Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo. 

"Maka saya berusaha menjadi kader NU yang taat azas. Artinya, PKB arahnya ke mana, kita ikut. Cak Imin mau sama Prabowo Subianto, ganti ke Ganjar Pranowo, ganti ke Anies Baswedan, kita oke saja. Karena kita memang bagi tugas. Beliau (Cak Imin) ngurus politiknya. Tapi ketika harus kerja meyakinkan masyarakat, ya kita akan bantu," ungkapnya.

Pilkada Lamongan 2024: Yuhronur Efendi Daftar di PDIP, Ketua PKB Daftar di NasDem

Sebelumnya, Anies melakukan lawatan ke sejumlah pesantren di Jombang. Yakni Pesantren Darul Ulum Rejoso, Pesantren Tebuireng, serta Pesantren Bahrul Ulum dan Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar.

Di Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Anies menziarahi makam KH. Bisri Syansuri, pendiri NU yang juga kakek dari Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Halaman Selanjutnya
img_title