Arah Suara Warga NU setelah Cak Imin Tinggalkan Prabowo

Prabowo dan Cak Imin di Kertanegara
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menerima pinangan Partai NasDem untuk bekerja sama mengusung Anies Baswedan dan A Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin) maju di Pilpres 2024. Keputusan itu diambil PKB setelah lebih dari satu tahun berkoalisi dengan Partai Gerindra dan sempat sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres. Keputusan PKB itu dinilai akan berpengaruh pada tingkat keterpilihan Prabowo di lingkungan warga NU atau Nahdliyin.

Bertemu Cak Imin, Duet Mas Dhito-Mbak Dewi Lanjut di Pilbup Kediri 2024

Setidaknya ada dua pendapat terkait itu. Pertama, keputusan PKB itu akan mengalihkan arah suara warga NU dari Prabowo ke Anies. Alasannya, sejarah PKB berhubungan erat dengan perjalanan NU. Kedua, keputusan PKB tersebut tidak akan berpengaruh secara signifikan pada arah suara Nahdliyin terhadap Prabowo. Alasannya, hingga saat ini PKB dinilai belum mampu menggaet suara mayoritas Nahdliyin.

Pendapat pertama disampaikan oleh pakar politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Syaeful Bahar. “Gerindra harus menghitung dengan cermat untuk mencari dukungan dari Nahdliyin. Karena bagaimana pun, battle ground pilpres adalah Jatim. Artinya itu kantong NU dan PKB. Tanpa NU dan tanpa PKB, agak berat Prabowo bisa menang,” katanya kepada VIVA Jatim, Sabtu, 2 September 2023.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic di Pemerintahannya

Wakil Dekan III FISIP itu menjelaskan, berdasarkan hasil survei beberapa lembaga hingga beberapa pekan terakhir, elektabilitas Prabowo berada di puncak mengalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Menurut Bahar, itu tidak terlepas dari keberadaan PKB dan Cak Imin yang saat itu masih bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang dibangun oleh PKB dan Gerindra.

Karena itu, Bahar berpendapat Nahdliyin akan mengoreksi pilihannya setelah PKB meninggalkan Gerindra dan Prabowo untuk bekerja sama dengan NasDem mengusung Anies-Cak Imin. “Kasat mata saja, beberapa kiai utama di Jatim, semisal Kiai Ali Masyhuri, Kiai Huda Ploso, Kiai Kafabihi Lirboyo akan mengkoreksi dukungannya ke Prabowo,” ujarnya.

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

Pandangan kedua disampaikan Surokim Abdussalam, pakar politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang juga peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC). Dia bependapatan, keluarnya PKB dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) tentu saja mengurangi dukungan partai pada Pemilu 2024 nanti. Namun, dari sisi keterpilihan Prabowo sebagai capres tidak akan berpengaruh signifikan. 

“Tentu saja pasukan koalisi Indonesia Maju otomatis berkurang dari sisi dukungan partai, tetapi menurut saya tidak berpengaruh terhadap kandidasi karena sejauh ini Koalisi Indonesia Maju masih mencukupi untuk mengajukan paslon. Apalagi pilpres adalah pemilu langsung di mana voters menjadi penentu,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title