Survei LSN: Dominasi Prabowo Tidak Bisa Dibendung dalam Simulasi 3 Capres

Capres Prabowo Subianto
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Bakal calon presiden (Capres) Prabowo Subianto mendominasi di bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 menurut hasil survei teranyar Lembaga Survei Nasional (LSN).

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry menjelaskan, dominasi Prabowo sulit dibendung oleh bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo dan bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan pada survei terbaru LSN yang dilakukan pada 14-24 Agustus 2023

“Dominasi Prabowo atas para kompetitornya tetap signifikan apabila Pilpres hanya diikuti tiga Capres saja,” kata Gema dikutip Sabtu, 2 September 2023. 

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

“Pada saat kepada responden diajukan pertanyaan, siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan Pilpres dan hanya diikuti oleh Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, ternyata sebanyak 40,7 persen responden mengaku memilih Prabowo, lalu 31,4 persen memilih Ganjar dan 22,1 persen menjatuhkan pilihan pada Anies,” ujar Gema menambahkan. 

Menurut Gema, tren yang dimiliki Prabowo jelang Pilpres 2024 selalu menunjukkan grafik kenaikan yang signifikan. Terekam dari mulai Maret 2023, tingkat elektoral Prabowo terus mengalami peningkatan hingga Agustus 2023.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Pada Maret 2023 tercatat elektabilitas Prabowo ada di angka 36,5 persen, kemudian menguat menjadi 38,5 persen pada Juni 2023, dan semakin menebal pada Juli 2023 dengan 40,5 persen. Lalu menginjak Agustus 2023 elektabilitas Prabowo masih yang tertinggi dengan 40,7 persen. 

“Sejak Maret 2023, elektabilitas Prabowo rata-rata mengalami peningkatan 2 persen dari survei ke survei berikutnya,” ujar Gema. 

Halaman Selanjutnya
img_title