Masa Khidmat Habis, PBNU Perpanjang Masa Kepengurusan PWNU Jatim

Ilustrasi Kantor PWNU Jawa Timur
Sumber :
  • Abdul Warits/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memutuskan untuk memperpanjang masa kepengurusan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Keputusan itu diambil setelah masa khidmat PWNU Jatim berakhir pada Minggu, 3 Setember 2023 ini.

Momen Banser di Trenggalek Periksa Kesehatan Puluhan Emak-emak

"[PWNU Jatim] Sudah kirim permohonan dan sudah ada SK perpanjangan [kepengurusan PWNU Jatim dikeluarkan PBNU]," kata Wakil Sekretaris Jenderal PBNU, Faisal Saimima, kepada VIVA Jatim⁩.

Dia tidak menjelaskan apakah nama-nama susunan kepengurusan PWNU Jatim yang diperpanjang tersebut masih sama dengan sebelumnya atau ada perubahan. "Apa pun yang ada dalam SK kepengurusan itu konsumsi internal," tandas Faisal.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Sebelumnya, Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar, mengatakan bahwa PBNU mengirim surat kepada PWNU Jatim agar mengajukan surat permohonan perpanjangan masa kepengurusan berikut nama-nama yang akan berkhidmat di kepengurusan tersebut.

"PWNU karena hirarkinya berada di bawah PBNU, maka PWNU maka PWNU mengikuti keputusan yang diambil PBNU," katanya usai rapat gabungan terkait itu di kantor PWNU Jatim di Surabaya, Rabu, 16 Agustus 2023, lalu.

Sekretaris PWNU Jatim: Idul Fitri Momentum Perkokoh Ekosistem Sosial

Kiai Marzuki mengatakan, nama-nama yang diusulkan  dalam permohonan SK perpanjangan berdasarkan persetujuan Rais Syuriah PWNU Jatim, KH Anwar Manshur. "Nama-nama yang diusulkan [PWNU] Jawa Timur apa itu yang di-SK PBNU, apa diotak-atik lagi, kita manut," tandasnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang, itu memaparkan, PBNU meminta PWNU Jatim mengajukan surat permohonan SK perpanjangan karena rencananya PBNU akan menggelar konferensi wilayah (konferwil) secara serentak. 

Halaman Selanjutnya
img_title