Kebakaran di Gunung Bromo Mulai Padam, Pembasahan Dilakukan

Petugas BPBD melakukan pemadaman di kawasan Gunung Bromo.
Sumber :
  • BPBD Jatim

Probolinggo, VIVA JatimKebakaran yang melanda kawasan savanna Bukit Teletubbies Gunung Bromo sebagian banyak titik sudah berhasil dipadamkan. Saat ini, tim gabungan melakukan pembasahan agar tidak muncul lagi titik api yang berpotensi meluas.

Dihantam Ombak, Penambang Pasir di Bojonegoro Hilang Tenggelam

Titik api yang semula hanya di kawasan Bukit Teletubbies akibat kecerobohan wedding organizer yang menggunakan flare asap saat melaksanakan kegiatan sesi foto prewedding, meluas hingga ke wilayah Lumajang dan Malang.

Pada Minggu, 10 September 2023, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim kemudian melakukan metode water bombing. Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto bersama Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Hendro Widjanarko memimpin operasi pemadaman dan pembasahan di sejumlah titik di kawasan Gunung Bromo.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Ketinggian Letusan Abu Vulkanik Capai 1,5 Km

Di antaranya, di Kecamatan Sukapura meliputi i area Krajan, Ngadireji, area Gedong, dan Sariwani; dan Bukit Plentong serta kawasan Jemplang Watu Gede di Kabupaten Malang. 

"Sebagaimana arahan Ibu Gubernur, kita ingin memastikan bahwa api dan asap di Gunung Bromo ini benar-benar padam," ujar Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto.

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

Selain operasi pemadaman lewat darat, dalam dua hari ini juga telah dilangsungkan upaya pemadaman lewat udara, melalui water bombing.

Operasi udara ini menggunakan helikopter BNPB Superpuma PK-DAN yang berkapasitas 4000 liter. 

Halaman Selanjutnya
img_title