Pamer Inovasi Penggunaan AI di JDIH, Pemkab Gresik Dikunjungi BPIP

BPIP kunjungi Sekretariat Daerah Pemkab Gresik
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim – Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Yakni mengkombinasikan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang sudah ada, dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat saat mengakses.

Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Kembangkan Teknologi AI dan Pusat Riset di IKN

Inovasi inilah yang menjadi alasan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang datang ke Kabupaten Gresik. Sekretaris Daerah (Sekda) Achmad Washil Miftahul Rahman menjelaskan secara singkat terkait penggunaan AI dalam akses JDIH yang telah menghasilkan ribuan produk hukum.

Sekda Washil menjelaskan ribuan produk hukum tersebut, tentunya tidak semuanya bisa dimengerti oleh masyarakat awam. Karenanya, dibuatlah terobosan agar masyarakat bisa lebih paham terkait latar belakang terbitnya produk hukum tersebut.

Pj Gubernur Jatim Harap Kontes Bandeng Kawak Gresik 2024 Jadi Agenda Tahunan Nasional

"Memanfaatkan teknologi AI, dilakukan sinkronisasi data dengan data warehouse yang ada di Kabupaten Gresik. Sehingga informasi seperti latar belakang, hingga penjelasan terkait suatu produk hukum apakah bertabrakan dengan produk hukum diatasnya akan bisa muncul. Disamping itu, teknologi AI juga kita gunakan untuk membuat abstrak dalam suatu dokumen hukum," terangnya, Rabu,13 September 2023.

Disamping memudahkan masyarakat, Ia menegaskan bahwa dengan inovasi ini juga membuat produk hukum yang dihasilkan Pemkab Gresik lebih berkualitas karena tidak bertabrakan dengan regulasi di atasnya maupun regulasi yang lain.

Gerakan Pangan Murah Jelang Hari Raya, Cara Pemkab Gresik Tekan Harga Kebutuhan Pokok

"Tentu inovasi ini menghasilkan produk hukum yang berkualitas, tidak bertabrakan dengan regulasi," ucap Washil.

Mewakili rombongan BPIP, Kepala Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional BPHN, Dr. Nofli menjelaskan bahwa inovasi ini sangat bisa untuk ditiru dan diterapkan pada 1.662 JDIH di kabupaten/kota.

Halaman Selanjutnya
img_title