Kantin UIN SATU Tulungagung Terbakar, Diduga Akibat Puntung Rokok

Petugas tengah memadamkan api di kantin UIN SATU Tulungagung
Sumber :
  • VIVA Jatim/IST

Tulungagung, VIVA Jatim – Kali kedua, kantin UIN Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung mengalami insiden kebakaran. Dugaan sementara, kebakaran karena puntung rokok yang menyulut api hingga membakar kantin.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tulungagung, Gatot Sunu Utomo menjelaskan mendapat laporan terjadi kebakaran langsung meluncur ke lokasi. Tiba di lokasi, petugas  melihat tumpukan sampah kantin, diprakirakan puntung rokok dibuang di tumpukan kardus dan triplek.

"Akhirnya api menjalar kesitu dan ketumpukan kayu, selanjutnya ke kantin mengenai atap kantin," ujar Gatot Sunu diterima VIVA Jatim, Rabu, 13 September 2023.

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Gatot menerangkan satu bangunan terdampak yaitu kantin bersebelahan dengan ruang makan mahasiswa. Petugas Damkar mengerahkan dua unit mobil pemadam ditambah satu mobil water supply. "Kalau dapurnya alhamdulillah aman," ujarnya.

Ia mengimbau mengingat ini cuaca kering dan angin cukup kencang supaya masyarakat berhati-hati. Baik saat membakar sampah hingga membuang putung rokok perlu diwaspadai sampai benar-benar padam.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

"Saat membuang puntung rokok betul-betul diperhatikan, supaya tidak terjadi kebakaran yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Perihal kendala yang dihadapi petugas, Gatot mengaku tidak ada yang menghambat. Mulai dari akses menuju lokasi mudah dan kebutuhan air juga cukup untuk memadamkan api.

Halaman Selanjutnya
img_title