Jaga Ekosistem Pantai, Porter Pelabuhan Bawean Gresik Aksi Bersihkan Sampah

Aksi bersih-bersih pantai di pelabuhan Bawean Gresik
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim – Puluhan porter pelabuhan beserta petugas Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bawean melakukan aksi bersih-bersih pantai di pelabuhan umum. Aksi yang dilakukan tri wulan sekali ini setidaknya bisa menjaga lingkungan terutama ekosistem pantai.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Terlihat banyak sekali sampah yang ada di bibir pantai, mulai dari batang kayu glondongan, sampah plastik yang mendominasi hingga sampah rumah tangga lainnya.

Koordinator porter pelabuhan Bawean, Ahmad Abdul Ghany mengatakan kegiatan ini menjadi rutinitas tiga bulanan yang dilakukan para porter menjaga lingkungan pelabuhan Bawean dan ekosistem pantai. 

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

“Kami melakukan aksi bersih-bersih ini tiap tiga bulan. Kali ini sekalian kegiatan menyambut peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke - 53,” ucapnya, Sabtu, 15 September 2023.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut dimulai dari area bibir pantai hingga jalan tengah pelabuhan. Beberapa sampah dan barang tidak terpakai dan mengganggu lingkungan telah di bersihkan, mulai dari sampah plastik, hingga sampah kayu bahkan berupa pohon yang mengambang di patai.

Dukung Kelestarian Lingkungan, Petrokimia Gresik Tanam Ribuan Pohon

“Untuk sementara di lingkup porter dan petugas pelabuhan, ke depan kami akan mengajak siswa pramuka untuk ikut berpartisipasi menjaga lingkungan terutama di pelabuhan Bawean,” ujar Abdul Ghany.

Di tempat terpisah aksi yang sama di lakukan Forkopimcam Kecamatan Sangkapura, bersama puluhan warga Desa Sungaiteluk, membersihkan sampah di bibir pantai pelabuhan penyeberangan Pulau Bawean.

Halaman Selanjutnya
img_title