UAS Kesal dengan Kebiasaan Selfie saat Ibadah Umrah: Ya Allah, Apa Ini!

Ustaz Abdul Somad (UAS)
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Penceramah kondang tanah air Ustaz Abdul Somad atau yang lebih akrab disapa UAS menyoroti fakta-fakta pelaksanaan ibadah umrah belakangan ini. Seiring perkembangan teknologi digital, banyak dari mereka yang mengabadikan momen langka dalam hidupnya dengan berfoto ria saat umrah.

Viral Awak Bus Adu Jotos dengan Pengendara Mobil Gegara Tak Diberi Jalan

Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan sebagian kecil umat muslim. Memamerkan ibadah umrahnya di media sosial. UAS lantas menyentil bahwa individu yang melakukan hal tersebut nampak tak memahami syarat-syarat beribadah umrah dengan baik dan benar.

Dai kondang yang dikenal dengan gaya bicara nan ceplas ceplos ini terlihat menyinggung kebiasaan beberapa individu yang beragama Islam namun justru memamerkan ibadahnya. UAS merasa geram dengan rutinitas 'pamer' di medsos itu, apalagi untuk urusan agama yang seharusnya tidak ditunjukkan dalam bentuk foto. Scroll untuk info selengkapnya.

Carry Merah Dihantam Kereta Api di Madiun, Videonya Bikin Merinding

"Jangan ente pergi umroh sembarangan aja. Rukun syarat wajib tidak dibaca. Larangan-larangan umroh tidak bisa, tahunya udah pakai kain eh selfie," ujar UAS dikutip dari VIVA, Selasa 19 September 2023.

Penceramah berusia 46 tahun itu terlihat memperagakan bagaimana kebiasaan selfie juga membuat fokus ibadah saat berdoa menjadi buyar. Dengan gaya bak memegang gawai, sembari selfie, UAS menunjukkan saat berdoa yang malah membelakangi Ka'bah.

Bagaimana Hukum Ngabuburit Bareng Pacar? Simak Penjelasannya

"Dulu orang umroh ke dinding Ka'bah. Ini Ka'bah, berdoanya begini (hadap ke Ka'bah), ya Allah. Sekarang begini (membelakangi Ka'bah), ndak, ya Allah. Apa ini!" sentil UAS.

Meski begitu, Ustaz Abdul Somad pun berseloroh bahwa kebiasaannya menyentil hal yang kurang baik, membuat banyak orang yang mendengar kemudian merasa tersinggung. Namun, ayah satu anak ini mengimbau bahwa ceramahnya sendiri sebagai bentuk pengingat sebagai sesama Muslim agar berlaku lebih baik dalam hal ibadah.

Halaman Selanjutnya
img_title