Hasil Survei Terbaru di Jatim, Nama Erick Thohir Merupakan Sosok Paling Pantas Menjadi Cawapres

Erick Thohir, Jelang satu abad Nahdlatul Ulama
Sumber :
  • Viva

Jatim – Nama Erick Thohir punya keterpilihan paling tinggi di masyarakat Jawa Timur (Jatim) sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Menurut pengamat politik dari Suropati Syndicat jika hal itu sangat wajar.

Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Begini Komentar Erick Thohir

Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 14-20 September 2023 bertajuk "Signifikansi NU dan Peta Elektoral Jelang Pemilu 2024 di Jawa Timur" pada Minggu 1 Oktober 2023, membeberkan hasil bahwa Erick Thohir menempati posisi teratas dengan perolahan 17,2 persen. 

Dengan begitu, Menteri BUMN itu menjadi figur yang dinilai paling pantas menjadi cawapres. Sosok yang juga menjabat Ketua PSSI  itu unggul di dalam simulasi 19 nama semi terbuka. 

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

"Tahun 2022, sudah ada survei CSIS yang menempatkan Erick Thohir ada di posisi 3 besar untuk survei capres di kalangan warga NU. Jadi jika saat ini, nama Erick Thohir teratas di bacawapres, maka hal ini bukanlah sebuah yang tiba-tiba muncul belakangan," jelas Muhammad Shujahri dalam keterangan yang diterima, Senin 2 Oktober 2023.

Ia menambahkan bahwa  Erick Thohir merupakan figur anggota kehormatan banser. "Bahkan saya pernah dengar dan dituturkan langsung oleh Ketum PB NU bahwa kampung halaman Erick Thohir juga merupakan salah satu daerah basis NU di luar jawa. Jadi wajar karena NU sudah melekat pada diri pak Erick sejak kecil," ungkap Shujahri.

Soal Foto Bersama Dasco Gerindra, Cak Imin: Tak Ada Makna Tersembunyi, Hanya Aktifitas Biasa

Survei IPI juga menjelaskan sebanyak 16,8 persen warga Muslim di Jatim memilih Erick sebagai cawapres, disusul Khofifah dengan 15,6 persen, dan Mahfud MD dengan 11,4 persen. Untuk warga NU di Jatim, Erick meraih 16,1 persen atau bersaing ketat dengan Khofifah sebesar 16,9 persen. 

Hal ini menandakan Erick sangat kompetitif dan cenderung lebih bisa diterima untuk semua kalangan di Jatim. Survei IPI memberikan contoh bagaimana 19,9 persen warga Muhammadiyah di Jatim yang memilih Erick atau unggul telak dibandingkan Khofifah dan yang lain. Pun di tataran ormas Islam lain maupun yang tidak terafiliasi dengan ormas Islam di Jatim mayoritas memilih Erick sebagai cawapres.

Halaman Selanjutnya
img_title