Polda Jatim Terus Dalami Penyebab Kebakaran Gunung Lawu

Kebakaran hutan Gunung Semeru
Sumber :
  • Istimewa

Magetan, VIVA Jatim –Polda Jawa Timur masih terus menyelidiki pemicu kebakaran Gunung Lawu yang hingga saat ini belum padam.

Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan U-23 di Polda Jatim, ada Dangdutan Hingga Banjir Doorprize

Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Farman mengatakan, penyelidikan dilakukan untuk mengungkap apakah ada unsur kesengajaan atau tidak dalam kasus kebakaran ini. 

Pasalnya, di tahun 2015, Gunung yang berada di 3 kabupaten, yakni Ngawi, Magetan, Jawa Timur dan Karanganyar, Jawa Tengah ini sempat kebakaran gara-gara api unggun.

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Kebakaran hutan di kawasan Gunung Lawu pernah terjadi pada 18 Oktober 2015, tepatnya di Cemoro Sewu. Kebakaran ini disebabkan api unggun yang ditinggalkan pendaki. Api pun membesar hingga merembet ke sejumlah titik.

"Lawu sementara penyelidikan karena tahun 2015 pernah kejadian yang sama," kata Farman saat dikonfirmasi, Rabu 4 Oktober 2023.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Farman menambahkan, hari ini juga digelar raker untuk membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tengah terjadi di wilayah Jatim, salah satunya di Gunung Lawu.

Selain itu, dalam raker juga akan membahas soal pembuatan ilaran api atau sekat untuk menahan titik api menyebar ke wilayah lain.

Halaman Selanjutnya
img_title