Minimalisir Edaran Rokok Ilegal, DPRD Jatim Godok Raperda Pertembakauan

DPRD Jatim Godok Raperda Pertembakauan untuk Minimalisir Edaran Rokok Ilegal
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur terus menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertembakauan. Komisi B yang membidangi perekonomian pun menjaring berbagai aspirasi termasuk pendapat dari pelaku industri tembakau

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anik Maslachah, menyatakan bahwa tata niaga di Jatim masih dalam kondisi tidak baik. Pasalnya, barang ilegal masih banyak berkeliaran, salah satunya terkait peredaran rokok non cukai

"Niaga ekomomi kita masih buruk. Petani sekalipun panen raya itu masih belum merasa bahagia. Biaya produksi dengan nilai tukar petani (NTP) per tahun ini 103 persen, idealnya kan 106 persen. Tapi jatim ini lebih cepat pertumbuhannya ketimbang provinsi lain," kata Anik Maslachah, Kamis 12 Oktober 2023. 

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Oleh karenanya agar raperda sempurna, pihaknya melakukan kunjungan ke berbagai pihak agar permasalahan di Jatim dapat terjawab melalui Peraturan Daerah dan saat diimplementasikan berjalan dengan baik. 

"Agar terjadi kesempurnaan maka kita ekspolrasi persoalan apa saja yang muncul di masyarakat," ujarnya. 

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

"Kami ingin lebih banyak mendengar untuk perbaikan Raperda Pertembakauan ini," lanjut Anik. 

Disisi lain Heri Wiriantoro, selaku Kepala Bidang Industri Agro Disperindag Jatim mengakui belum maksimalnya dalam memberantas rokok ilegal. 

Halaman Selanjutnya
img_title