Viral! Pengunjuk Rasa di Inggris Turunkan Bendera Israel, Diganti Bendera Palestina

Seorang pria turunkan bendera zionis
Sumber :
  • Viva

London, VIVA JatimPengunjuk rasa menghebohkan jagat Inggris dan pengguna media sosial di seluruh dunia dengan aksinya. Ia memanjat gedung balai kota dan menurunkan bendera Israel yang dikibarkan di atap dalam sebuah demonstrasi di Kota Sheffield, Inggris.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Dalam sebuah unggahan di media sosial itu nampak seorang pria melepas bendera Zionis Israel dan melemparkannya ke kerumunan orang di bawah. Sebagai ganti bendera Israel, pengunjuk rasa kemudian mengibarkan bendera Palestina.

Dikutip dari VIVA, Kamis, 12 Oktober 2023, menyebutkan di dalam sebuah pernyataan, Polisi South Yorkshire mengatakan mereka yakin dua pria telah memanjat gedung itu pada Selasa malam, 10 Oktober 2023 waktu setempat. Tidak ada penangkapan yang dilakukan, kata kepolisian, dan penyelidikan masih dilakukan.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Dalam rekaman yang dibagikan Sheffield Online, terdengar orang-orang berteriak “turunkan” dan bersorak saat bendera Israel diturunkan. Petugas berusaha membubarkan massa, dengan dua tersangka "melarikan diri dari tempat kejadian" selama "gangguan kecil" tersebut. 

Insiden itu terjadi tiga hari setelah puluhan pejuang bersenjata dari Hamas kelompok militan Palestina, menyeberang ke Israel dari Gaza dalam serangan mendadak. Korban tewas di Israel telah mencapai 1.200 orang – sementara lebih dari 900 orang tewas akibat serangan udara balasan Israel di Gaza.

Soal Serangan Rudal dari Iran, Israel: akan Ditanggapi dengan Baik

"Setiap orang mempunyai hak atas protes yang aman dan damai tetapi kami tidak dapat mendukung peristiwa yang terjadi selama protes di luar Balai Kota Sheffield,” kata Pemimpin Dewan Kota Sheffield, Tom Hunt.

"Para pengunjuk rasa menempatkan diri mereka sendiri dan orang lain dalam bahaya serius.”

Halaman Selanjutnya
img_title