Jokowi, Prabowo, hingga Jenderal Sigit Jadi Pembina Pagar Nusa

Prabowo Subianto saat menghadiri Ijazah Kubro Pagar Nusa
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) resmi mengukuhkan Pengurus Pusat Pagar Nusa di Lapangan Marinir Bumi Moro Surabaya, Minggu 22 Oktober 2023. 

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Pengukuhan tersebut berbarengan dengan Peringatan Hari Santri Nasional 2023, karena memang masuk dalam salah satu rangkaian acaranya. 

Dalam Surat Keputusan PBNU Nomor 246/PB.01/A.II.01.37/99/10/2023, terdapat beberapa petinggi negara yang masuk dalam daftar kepengurusan Pagar Nusa pusat masa kidmat 2023-2028. 

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Dari beberapa nama tersebut, tersemat nama Menteri Pertahanan yang saat ini direncanakan nyapres di 2024, Prabowo Subianto. Ia berada di posisi Dewan Pembina

Tidak hanya Prabowo, ada nama lain yang juga masuk dalam jajaran Dewan Pembina Pagar Nusa pusat, diantaranya, Presiden Jokowi sendiri, ada Jenderal (Purn) Budi Gunawan, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Laksamana TNI Yudo Margono, Jenderal (Purn) Muhammad Tito Karnavian. 

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf mengatakan bahwa Pagar Nusa bukanlah organisasi yang mengajarkan satu pancak silat dengan aliran tertentu. Namun Pagar Nusa didirikan sebagai perkumpulan dari berbagai macam pesilat. 

"Pagar Nusa didirikan sebagai perkumpulan dan pergerakan dari pesilat-pesilat. Pendekar Pagar Nusa boleh merasa dari perguruan maupun aliran manapun," kata Gus Yahya. 

Halaman Selanjutnya
img_title