Santri Ternak Kambing, Berdayakan Ekonomi Umat Berbasis Pesantren

Bupati Gresik bersama santri peternak kambing
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA JatimBupati Gresik Fandi Akhmad Yani sebut melalui kemandirian santri dapat menjadikan embrio yang ikut berkontribusi dalam mendongkrak perekonomian. Seperti usaha peternakan kambing yang dikelola santri Yayasan Pondok pesantren Qomaruddin (YPPQ).

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

"Santri sangat berpotensi untuk memberikan sumbangsih melalui kemandirian. Mulai dari pengembangan koperasi UMKM dan ekonomi syariah, agribisnis, perkebunan hingga peternakan," ujarnya, Selasa 24 Oktober 2023.

Bupati yang akrab di sapa Gus Yani itu berharap para santri yang berwirausaha atau dikenal istilahnya dengan "Santripreneur" dapat memberdayakan perekonomian masyarakat berbasis pesantren.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

"Kabupaten Gresik mempunyai banyak pesantren. Saya berharap Santripreneur menjadi lembaga pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren yang membina santri," katanya.

Momen hari santri, semangat dan motivasi santri harus terus meningkatkan kapasitas dan keterampilan di berbagai bidang. Terutama kreatifitas dan inovasi serta keiwarusahaan.

Indahnya Pesona Laut yang Tersimpan di Balik Bisingnya Kota Industri Gresik

"Hari Santri jadikan sebagai motivasi untuk terus tumbuh di tengah berbagai tantangan, serta tetap berkontribusi membangun ekonomi negeri," ucap Gus Yani usai melihat peternakan kambing.

Gus Yani menambahkan, pesantren merupakan institusi pendidikan yang memiliki keunggulan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan mandiri.

Halaman Selanjutnya
img_title