Meraba Sinyal Dukungan Khofifah di Pilpres 2024

Gubernur Khofifah saat momen HSN 2023 di Tugu Pahlawan
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tetap menjadi sorotan, meski sudah tidak jadi ikut berkontestasi dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang. 

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Meski tidak ikut dalam pesta lima tahunan ini, Khofifah tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi pasangan calon (Paslon) pilpres. Pasalnya Khofifah memiliki rekam jejak yang baik dari sisi elit politik dan masyarakat baik saat menjabat Menteri Sosial maupun saat duduk di kursi Grahadi. 

Namun begitu, banyak yang berusaha geret Khofifah untuk ikut dalam Tim Pemenangan salah satu paslon. Salah satunya seperti yang diajukan Partai Demokrat yang mengingikan Khofifah untuk mensukseskan Paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Pengamat politik Madura, Surokim Abdussalam mengatakan, bahwa akan sulit bagi Khofifah untuk berpiha kepada salah satu paslon pilpres 2024. Alasannya, karena Gubernur perempuan pertama di Jatim mempunyai relasi yang baik kepada masing-masing paslon. 

"Bu khofifah pasti sulit menentukan dukungan dipilpres 2024 karena beliau punya relasi baik hampir dengan semua elit dan king maker pilpres 2024," kata Surokim saat dikonfirmasi, Rabu 25 Oktober 2023.

Risma Berat Dapat Rekom PDIP Jatim, Said Abdullah Lebih Tertarik ke Khofifah

"Saya pikir Bu Khofifah akan gamang," lanjutnya. 

Surokim mengatakan, sikap netralpun juga akan berpengaruh negatif jika Khofifah menempuh jalur itu, meski tingkat keuntungannya lebih besar, karena akan juga mempunyai efek pada pencalonnya pada pilgub ke duanya ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title