Kemarau Ekstrem, 35 Desa di Trenggalek Terdampak Kekeringan

Dropping air oleh BPBD Trenggalek malam hari
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim – Wilayah Kabupaten Trenggalek mengalami kekeringan seperti di daerah lainya yang kekurangan air bersih. Per 26 Oktober 2023, jumlah yang terdampak ada 35 desa/kelurahan se-Trenggalek, dan jumlah tersebut dimungkinkan akan terus bertambah.

PDIP Kuasai DPRD Trenggalek, PKB Posisi Kedua

Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono mengungkapkan bahwa 35 desa/kelurahan yang terdampak tersebut tersebar di 12 kecamatan dari 14 kecamata di Trenggalek. Kecamatan yang paling terdampak ada di Kecamatan Panggul dengan 9 desa.

"Kami sudah melakukan dropping air bersih dibeberapa desa yang sudah mengajukan permohonan air bersih," ungkap Triadi Atmono, Jum'at, 27 Oktober 2023.

Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Pendapa Trenggalek gegara Retribusi Mencekik

Mengingat kemarau yang masih berlangsung, BPBD Trenggalek mengaku ada kemungkinan desa/kelurahan terus bertambah. Lantaran, pada 2019 silam, saat kemarau panjang pernah ada 66 desa dari 157 desa/kelurahan se-Trenggalek. 

"Kemungkinan alau ada yang bertambah bisa dimungkinkan ada luasan (bertambah) yang terdampak kekeringan," bebernya.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Triadi mengimbauan kepada masyarakat Trenggalek untuk lebih hemat dalam penggunaan air di musim kemarau. Serta mengingat situasi, cuaca panas dan untuk tidak melakukan pembakaran yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

"Serta tidak membuang putung rook di tempat-tempat yang mudah terbakar dan sebagainya," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title