Gusdurian dan Barikade Gus Dur Beda Orientasi, Simak Penjelasannya

Ulfatun Hasanah, Koordinator Gusdurian Jatim
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Jaringan Gusdurian Jawa Timur Ulfatun Hasanah angkat bicara soal nama Jaringan Gusdurian yang dibawa-bawa ke ranah politik praktis menjelang pilpres 2024.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Ulfa menjelaskan ada dua organisasi yang lekat dengan nama Presiden ke 4 Abdurahman Wahib (Gus Dur) ini. Yang pertama Gusdurian dan kedua Barikade Gus Dur.

Meski beririsan, dua organisasi tersebut jelas berbeda. Kendati sama-sama menganut paham yang diajarkan Gus Dur orientasinya maupun pergerakannya berbeda. Perbedaan tersebut sudah disepakati oleh keluarga Ciganjur sendiri.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Menurut Ulfa dari kordinatornya saja kedua organisasi ini nampak jelas perbedaannya. Gusdurian dibawah komando Alissa Wahid, sedangkan Barikade Gus Dur berada dibawah Yenny Wahid.

"Mbak Yenny itu ada barikade Gus Dur namanya yang memang bergerak di politik. Gusdurian itu berada di bawah kendalinya mbak Alissa Wahid," kata Ulfa saat dikonfirmasi, Kamis 2 November 2023.

Polri Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Bintara, di Polda Jatim 3 Orang

Untuk Gusdurian sendiri, ia katakan bergerak dalam soal humanisme atau kemanusiaan. Dan hal tersebut sudah ditegaskan oleh Alissa Wahid sendiri.

"Gusdurian itu bergerak bersama rakyat, tidak berpolitik praktik sama sekali itu yang harus diklirkan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title