Pramuka Jatim Siap Jadi Pemilih Pemula Cerdas Pemilu 2024

Suasana pembukaan Raimuna Daerah XIV Jawa Timur di Pantai Prigi
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA JatimPesta demokrasi lima tahunan semakin dekat tingal hitungan bulan. Pemilih merupakan bagian yang penting sebagai pundi-pundi suara. Salah satunya pemilih pemula, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur siap menjadi pemilih cerdas di Pemilu 2024.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil,  mengatakan dalam Raimuna Daerah ke-XIV di Pantai Prigi Trenggalek bahwa Pramuka Jawa Timur harus menjadi teladan dalam berdemokrasi bagi masyarakat pemilih. Pramuka akan tetap menghormati persaudaraan, persatuan, dan kesatuan demi keutuhan bangsa serta persaudaraan sesama saudara sebangsa dan setanah air.

"Tahun politik menjadi identik dengan tahun kompetisi kekuasaan politik. Pramuka Jawa Timur melalui Pramuka Penegak Pandega meskipun pemilih pemula pemula, tetapi Pramuka Penegak pandega adalah pemilih pemula yang cerdas," papar HM Arum Sabil kepada awak media, Minggu, 19 November 2023.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Menurutnya, tema Raimuna Daerah ini adalah 'Jawi Wetan Manunggal' yang memiliki arti Jawa Timur dalam satu kesatuan, utuh, tidak terpecah belah. Dalam menghadapi tahun politik Pemilu 2024 ia berpesan supaya tetap damai dan menghargai sebuah perbedaan.

"Kita boleh berbeda pilihan akan tetapi kita adalah satu kesatuan. Kita adalah Jawa Timur yang Manunggal untuk menjaga persatuan dan kesatuan," pesannya. 

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil.

Photo :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Arum Sabil sendiri tidak membatasi, karena mau tidak mau sesuai aturan undang-undang juga memperbolehkan ketika sudah mencukupi usia, Gerakan Pramuka Penegak dan Pendega akan menjadi pemilih pemula. 

Halaman Selanjutnya
img_title