Bandara Dhoho segera Beroperasi, Khofifah Yakin Tumbuhkan Kediri Raya

Gubernur Khofifah tinjau langsung persiapan Bandara Dhoho
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Kediri, VIVA JatimPersiapan operasional Bandara Internasional Dhoho yang berlokasi di Kabupaten Kediri terus dilakukan. Pada Jumat, 1 Desember 2023 Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung persiapan tersebut.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

"Mohon doa semoga bandara Dhoho akan segera beroperasi dan melayani penerbangan komersial dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Gubernur Khofifah.

Didampingi Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Direktur PT. Surya Dhoho Investama (SDhI) Maksin Arisandi, Gubernur Khofifah meninjau kesiapan layanan di Bandara Internasional Dhoho. Mulai dari penyiapan layanan check-In counter, ruang tunggu domestik, ruang tunggu internasional, ruang pemeriksaan imigrasi keberangkatan internasional, ruang pemeriksaan imigrasi kedatangan internasional, ruang pemeriksaan bea cukai dan ruang pengambilan bagasi internasional sampai akses garbarata, apron dan runway.

Kandidat Kuat Pilkada Kediri, Mas Dhito Fokus Kerja hingga Akhir Masa Jabatan

Sebagaimana diketahui, bandara ini memiliki sejumlah keunggulan. Memiliki panjang landasan pacu atau runway 3.300 m x 45 m, bandara ini mampu didarati Pesawat terbesar B777-300ER.

Tidak hanya itu, jalur perpindahan pesawat atau taxiway bandara ini membentang sepanjang 306 m x 32 m dan 438 m x 32 m. Gedung terminal bandara Dhoho yang berukuran 18.224 M2 ini mampu kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun.

Mega Proyek Stadion hingga Revitalisasi Pasar di Kediri, Mas Dhito Ajak Warga Sukseskan Pembangunan

Usai peninjauan, Gubernur Khofifah mengatakan, public transportation sangat signifikan untuk bisa mendorong berbagai pergerakan mulai ekonomi, infrastruktur, wisata, pendidikan, budaya dan interaksi antar bangsa. 

"Bandara ini menjadi kekuatan kita yang luar biasa untuk membangun keseimbangan pertumbuhan pembangunan wilayah Utara dan Selatan Jawa Timur," kata Gubernur Khofifah. 

Halaman Selanjutnya
img_title