Entaskan Kemiskinan Ekstrem, Pemkab Gresik Gelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Daerah

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat memberikan materi di pelatihan penguatan penghapusan kemiskinan ekstrem
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA JatimKabupaten Gresik terus melakukan upaya untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrim. Sebagai bagian dari ikhtiar, Pemerintah Kabupaten Gresik mengoptimalkan berbagai program bantuan dan penanganan kemiskinan telah dilaksanakan.

Jaga Perairan Laut Gresik, Polsek Kawasan Patroli Gabungan Harkamtibmas

Satu diantaranya yakni pelatihan penguatan kapasitas daerah dalam penghapusan kemiskinan ekstrim di tahun 2023. Pelatihan ini bertujuan untuk saling berkoordinasi dan bekerjasama dalam menuntaskan kemiskinan.

"Kemiskinan ini yang harus kita tanggulangi bersama-sama. Bappeda dan Dinas Sosial saja tidak cukup, harus disupport oleh seluruh OPD di Kabupaten Gresik. Karena masalahnya macam-macam," ujar Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Selasa, 5 Desember 2023.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Wabup yang akrab disapa Bu Min itu menyebut beberapa hal yang mempengaruhi kemiskinan di antaranya adalah stunting, kesehatan, dan lingkungan yang kurang bersih. Tiga hal inilah yang menyebabkan kemiskinan dan pertumbuhan SDM di Gresik menjadi terhambat.

Meski demikian, sampai hari ini Gresik telah menurunkan angka kemiskinannya hingga 10,96% dan angka kemiskinan ekstrim hingga 2,74% atau dengan jumlah total 37.120 jiwa. Angka tersebut merupakan capaian yang terbaik sejak 10 tahun terakhir.

Kampanye Simpatik, Satlantas Polres Gresik Bagikan Coklat ke Pengendara

"Maka kita harus tetap optimis dan selalu kita gelorakan. Insyaallah kita bisa turunkan angka tersebut hingga 0%," ucap Bu Min dihadapan peserta pelatihan.

Sebagai informasi, dalam pelatihan kali ini, mengundang beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya. Mereka adalah Local Planning And Budgeting TNP2K Siti Alifah Farhana, JFP Madya Koordinator Bidang Data dan Analisis Kemiskinan BAPPENAS Widaryatmo, Perencana Ahli Pertama Bappeda Provinsi Jawa Timur Mukhamad Nasikin. 

Halaman Selanjutnya
img_title