Sah! Anggaran Pilkada 2024 di Jatim Rp 845 Miliar

Ketua KPU Jatim Choirul Anam dan Khofifah Indar Parawansa teken NPHD
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menyetujui anggaran Pilkada 2024 di Jatim total sebesar Rp845 Miliar. Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) anggaran penyelenggaan Pilkada resmi diteken oleh Ketua KPU Jatim Choirul Anam dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

"Maturnuwun telah menyempatkan waktu di tengah kesibukan mengelola Jawa Timur, untuk menandatangani  NPHD malam ini. Semoga menjadi amal jariyah untuk Ibu Gubernur," kata Anam saat menandatangani NPHD di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis, 7 Desember 2023. 

Prosesi penandatanganan NPHD dihadiri jajaran Forkorpimda Jawa Timur. Sedangkan dari KPU selain Anam, hadir Miftahur Rozaq, Gogot Cahyo Baskoro, Insan Qoriawan, Rochani, dan Nurul Amalia, Sekretaris Nanik Karsini, beserta jajaran staf sekretariat.

Kandidat Kuat Pilkada Kediri, Mas Dhito Fokus Kerja hingga Akhir Masa Jabatan

Anam menyampaikan apresiasi mendalam kepada Gubernur Khofifah dan para pihak yang telah berkontribusi hingga mencapai kesepatakan setelah proses pembahasan cukup panjang.

"Sejak tahun 2021 kami sudah mulai proses penyusunan. Awalnya kita ajukan untuk kemudian dijajaki oleh Tim Anggaran. Hingga kemudian di bulan Februari 2022 Gubernur mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 188 tentang pendanaan bersama untuk anggaran Pilgub Jatim," kata Anam. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Proses tersebut kata Anam berlanjut hingga Maret 2023, yang akhirnya bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menyepakati nilai anggaran sebesar Rp845 M.

“Artinya penandatanganan NPHD malam ini menjadi bukti komitmen bersama untuk mengawal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2024,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title