6 Desa di Gresik Terendam Banjir Luapan Air Kali Lamong

Camat Balongpanggang Gresik, Muhammad Amri meninjau banjir
Sumber :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim - Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Lamongan pada Kamis, 7 Desember 2023 malam, membuat Desa-Desa Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik bagian selatan terendam banjir.

Pilu 2 Gadis ABG di Gresik 2 Tahun Dicabuli Ayah Tirinya

Dampaknya, Kali Lamong tidak bisa menampung debit air hingga menyebabkan enam Desa terdampak banjir. Keenam Desa tersebut yakni Desa Sekarputih, Desa Dapet, Desa Banjaragung, Desa Wotansari, Desa Ngampel. dan Desa Karangsemanding.

Camat Balongpanggang Muhammad Amri mengatakan banjir yang menggenangi enam Desa tersebut akibat dari curah hujan yang deras dari Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Mojokerto. Kedua Kabupaten tersebut berbatasan dengan Kecamatan Balongpanggang.

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

"Jika di dua Kabupaten tersebut hujan deras, dipastikan Desa-Desa di dekat Kali Lamong banjir, seperti hari ini. Akibat hujan deras pada Kamis malam. kali Lamong tidak bisa menampung debit air hingga tumpah," kata Amri, Jumat, 8 Desember 2023.

Ia mengatakan, air tumpahan Kali Lamong mulai datang pukul 5.00 WIB pagi hari. Hingga menyebabkan beberapa sawah, ladang dan rumah warga tergenang air bah.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

"Ketinggian air yang menggenangi mencapai 20 cm hingga 60 cm. Membuat are pertanian seperti sawah, ladang, jalan Desa dan jalan poros Desa tergenang. Tidak itu saja, air juga merusak beberapa fasilitas umum," ujarnya saat meninjau ke desa terdampak.

Hingga saat ini, lanjut dia, beberapa pihak antara lain BPBD Gresik, Binamarga bersama Forkompinda Kecamatan Balongpanggang datang ke lokasi dan berupaya untuk membuat pos siaga bencana banjir dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title